Ridwan Kamil Minta Ruangan Dibuka untuk Ventilasi Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19

- 3 Agustus 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 Jabar saat konferensi pers di Makodam III/Siliwangi di Jalan Aceh , Kota Bandung pada Senin 3 Agustus 2020.* /Pikiran-Rakyat.com/Mochamad Iqbal Maulud

PIKIRAN RAKYAT - Kepala Gugus Tugas Covid-19 Jabar Ridwan Kamil ingatkan tentang pentingnya sirkulasi udara di ruangan. Apalagi virus Covid-19 akan mudah tersebar apabila di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang mumpuni.

"Klaster di Gedung Sate bisa dijadikan pengingat agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu sirkulasi udara menjadi penting agar virus tidak menyebar dengan cepat karena keterbatasan udara," kata Ridwan di Aula Makodam III/Siliwangi di Jalan Aceh, Kota Bandung pada Senin 3 Agustus 2020.

Menurut Ridwan keterpaparan kasus‎ Covid-19 di wilayah Jabar ini terjadi di beberapa tempat. Semisal Gedung Sate, DPRD Jabar dan ada juga di kejaksaan.

Baca Juga: Salmafina Kenalkan Pacar Bulenya ke Publik, Sunan Kalijaga: Lebih Sayang Tony atau Ayah Sama Kamu?

"Ini belum tentu juga virusnya ada di kantor-kantor tersebut. Bisa juga kan dari perilaku karyawan atau staf yang sepulang kantor melakukan kegiatan yang tidak terkontrol," ucapnya didampingi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

Terkait kasus di Gedung Sate tersebut Ridwan juga menyatakan, Pemprov Jabar akan terus menerapkan prosedur diskresi untuk melakukan work from home.‎ Selain tetap menjaga faktor-faktor lainnya yang menyebabkan virus bisa menyebar.

"Kejadian-kejadian kasus di perkantoran mengindikasikan agar kantor-kantor ini rajin membuka jendela. Jadi lebih rawan perkantoran yang tidak ada jendela,‎ ber-AC penuh dan sentral dibandingkan dengan perkantoran yang ada jendela, maka dari itu rekomendasi kita bagi perkantoran yang ada jendela agar rajin membuka jendela sebagai ventilasi," ucapnya.

Baca Juga: Raffi Ahmad: Youtube Rans Entertainment Ditawar Stasiun TV Seharga Rp250 Miliar

Sementara itu, ditempat yang sama, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja memaparkan, dari 40 yang terpapar Covid-19 di Gedung Sate, 17 orang diantaranya saat ini masuk di karantina di BPSDM. Seluruh yang terkonfirmasi positif itu, lanjut dia, merupakan orang tanpa gejala.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X