Awalnya di Jalan dan di Balik Tembok, Para Siswa di Indramayu Kini Bisa Akses Internet Gratis

- 3 Agustus 2020, 17:21 WIB
SISWA sekolah dasar tengah memanfaatkan internet gratis di Kantor Kwarcab Indramayu, Senin (3/8/2020). * /Pikiran-Rakyat.com/Gelar Gandarasa

PIKIRAN RAKYAT - Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus dihentikan sementara waktu. Pemerintah tak ingin virus tersebut menyebar di lingkungan sekolah sehingga membahayakan kesehatan para murid yang tengah menuntut ilmu. Sudah beberapa bulan terakhir ini murid harus belajar secara daring.

Jika semua siswa memiliki kuota atau bisa mengakses jaringan internet tentu pembelajaran jarak jauh bukanlah masalah. Namun sayangnya tak semua siswa bisa mengakses fasilitas-fasilitas tersebut.

Hal itu dirasakan oleh Anwar (9) siswa SD Negeri Karanganyar, Kabupaten Indramayu. Dirinya nampak asyik mengoprek gawainya di tangan kiri sembari tangan kanannya menulis sesuatu di buku.

Baca Juga: Fenomena Covid-19 di Jateng, Ada Kepala Daerah yang Menolak Tes Massal Khawatir Turunkan Citranya

Untuk mensiasati biaya kuota data yang dinilai mahal, dia pun rela berkeliling mencari internet gratis. Salah satu titik internet gratis tersebut ada di kantor Kwarcab Indramayu. Untuk sementara waktu ini, kantor tersebutlah yang menjadi ruang belajar mereka.

“Saya sedang mengerjakan tugas. Di sini asyik. Internetan enggak pakai pulsa hape. Gratis,” ujar dia, Senin 3 Agustus 2020. Tekadnya yang kuat untuk belajar mengalahkan rasa malasnya untuk pergi berjalan kaki mencari jaringan internet gratis.

Awalnya para siswa mengakses jaringan wifi dari halaman kantor. Namun seiring berjalannya waktu mereka pun diperbolehkan berkegiatan di dalam kantor. Salah seorang Pengurus Kwarcab Indramayu Yayan Mulyantoro mengatakan, pada awalnya siswa mengakses internet dari luar ruangan seperti pinggir jalan dan dibalik tembok pagar.

Baca Juga: Lowongan Kerja Agustus 2020 BAZNAS, Buka 3 Posisi untuk Lulusan S1

“Akses internet di sini memang bisa diakses dari luar ruangan,” ungkap Yayan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X