Peringati Haul Ke-467 Sunan Gunung Jati Cirebon, PR Luqman: Kami Ingatkan Nilai-Nilai Dakwah

- 2 Agustus 2020, 17:40 WIB
Kegiatan Haul ke-467 Sunan Gunung Jati. /Pikiran Rakyat.com /Egi Septiadi

PIKIRAN RAKYAT - Haul ke-467 Sunan Gunung Jati Cirebon Jawa Barat berlangsung khidmat.

Putra Sultan Sepuh ke XIV PRA Arief Natadiningrat, PR Luqman Zulkaedin dalam acara tersebut menyampaikan, untuk mengingatkan kembali nilai-nilai dakwah Islam, kepada tamu undangan, sesuai dengan pesan yang didakwakan oleh Sunan Gunung Jati.

PR Lukman Zulkaedin mengatakan Haul Sunan Gunung Jati sendiri, merupakan tradisi Kesultanan Kasepuhan Cirebon sebagai sarana untuk memperingati dan juga mendoakan Sunan Gunung Jati, Syekh Syarif Hidayatullah, pendiri Kesultanan Cirebon dan penyebar syiar Islam di bumi Jawa bagian barat.

 Baca Juga: Prank Hari Raya ala Edo Putra: dari Daging Kurban hingga Amplop THR Isi Sampah

" Dalam haul Sunan Gunung Jati, kita diingatkan kembali akan nilai-nilai ajaran Islam yang didakwahkan oleh Sunan Gunung Jati, " kata Luqman kepada Pikiran Rakyat.com

Ia menambahkan dalam dakwahnya beliau menerapkan dakwah Islam  dengan pola akulturasi budaya,  sehingga Islam diterima oleh masyarakat dengan damai.

loading...

Nilai-nilai yang diajarkan Sunan Gunung Jati Cirebon, diantaranya tercatat dalam petatah petitih Sunan Gunung Jati,  yang paling dikenal "Ingsun Titip Tajug lan Fakir Miskin".

 Baca Juga: Heboh Postingan Bongkahan Daging Kurban Bergerak-gerak Sendiri, Medis: Merupakan Hal Biasa

"Sebuah pesan yang mencerminkan keseimbangan dimensi spiritual (hablun minallah) dan dimensi sosial kemasyarakatan (hablun minannas), " terangnya.

Lebih lanjut kata Luqman Oleh karenanya,  dalam rangkaian acara haul ini,  kami melakukan tradisi ziarah ke Sunan Gunung Jati dan setelah itu melakukan santunan untuk yatim piatu dan dhuafa

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X