Mobil Listrik untuk Perangkat Daerah Dimulai Tahun Ini, Komitmen Jawa Barat Menuju Net Zero Emission

- 25 Januari 2023, 17:00 WIB
Petugas PLN melakukan pengisian ulang daya baterai untuk mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN, Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pakuan, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis 17 November 2022.
Petugas PLN melakukan pengisian ulang daya baterai untuk mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN, Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pakuan, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis 17 November 2022. /Antara/Arif Firmansyah

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap menerapkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (EV) sebagai kendaraan operasional perangkat daerah di Jawa Barat mulai dipakai pada 2023 ini.

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat menggandeng PT Migas Utama Jabar (MUJ) melalui PT MUJ Energi Indonesia (MUJI) sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk menyediakan 5 mobil listrik Hyundai IONIQ 5 Tipe Signature Long Range untuk Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat, Badan Pendapatan Provinsi Jawa Barat, Inspektorat Provinsi Jawa Barat, dan Sekretariat DPRD Jawa Barat.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Ai Saadiyah Dwidaningsih menuturkan, penambahan mobil listrik akan disesuaikan dengan kebutuhan operasional dari para perangkat daerah tersebut. Penandatanganan surat pesanan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai pada Jumat 20 Januari 2023 di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat.

Untuk diketahui, pada tahun 2023 Jawa Barat melalui Dinas ESDM memulai transisi dari kendaraan dinas berbasis fosil menjadi berbasis listrik dengan baterai. Langkah awal dengan hadirnya 22 unit mobil listrik untuk perangkat daerah sebagai kendaraan operasional.

Baca Juga: Minta Belas Kasihan Majelis Hakim Saat Membacakan Pledoi, Putri Candrawathi: Saya Tidak Mau Gagal Menjadi Ibu

“Pada tahun 2023 ini Provinsi Jawa Barat sudah melakukan transisi dari kendaraan bermotor berbasis fosil fuel menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dengan 22 unit terhadap perangkat daerah Jawa Barat,” ucapnya, Rabu 25 Januari 2022.

Ai menyampaikan konversi kendaraan tersebut akan bertahap dilakukan sebagai komitmen pemerintah daerah dalam memenuhi bauran energi terbarukan.

“InsyaAllah ke depan kita akan melakukan konversi terhadap seluruh perangkat daerah. Ini merupakan bukti dan komitmen Provinsi Jawa Barat dalam rangka transisi energi menuju net zero emission, yaitu dengan menggunakan energi yg lebih bersih dan energi yang lebih ramah lingkungan,” ujar Ai.

Sementara itu, Direktur Utama PT MUJI Ryan Alfian Noor menuturkan, memulai tahun 2023 pihaknya menggenjot bidang usaha di energi baru terbarukan (EBT). Langkah awal yakni mendukung elektrifikasi di Jawa Barat melalui penyediaan mobil listrik berbasis baterai untuk sejumlah perangkat daerah di Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x