Berlaku Akhir Juli, Pemprov Jabar Siapkan Denda hingga Kurungan bagi Warga yang Tak Pakai Masker

- 13 Juli 2020, 20:20 WIB
SEKDA Kota Bandung, Ema Sumarna (kiri) saat melakukan peninjauan CGV Cinemas di Istana Bandung Elektronik Centre, Jalan Purnawarman , Kota Bandung, Kamis (9/7/2020). Penentuan waktu bagi tempat hiburan kembali beroperasi kemungkinan muncul pekan depan. /Pikiran-Rakyat.com/Armin Abdul Jabbar

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akhirnya akan menjatuhkan sanksi kepada mereka yang tidak menggunakan masker di ruang publik di tengah pandemi Covid-19. Denda Rp100.000 hingga Rp150.000 tersebut akan dikenakan pada pelanggar mulai 27 Juli mendatang.

Tak hanya denda, kurungan hingga sanksi kerja sosial pun akan dikenakan pada pelanggar penggunaan masker tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil mengatakan, rencana sanksi tersebut akan diterapkan menyusul tahap edukasi maupun teguran telah dilakukan oleh pemerintah.

Baca Juga: Sosok Terakhir Bersama Editor Metro TV Yodi Prabowo Masih Misteri, Polisi Telusuri Jejak Digital

"Kami akan lakukan pendisiplinan karena edukasi sudah dilakukan, teguran sudah dilakukan, sudah masuk sesuai komitmen kita tahap ketiga yaitu pendisiplinan dengan denda nilainya Rp100 ribu sampai Rp150 ribu kepada mereka yang tidak memakai masker di tempat umum,"kata Ridwan di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Senin 13 Juli 2020.

loading...

Ridwan pun menjelaskan, hasil denda akan masuk pada kas negara.

"Dana itu ke kas daerah dana terhimpun akan masuk kas negara," kata dia

Baca Juga: Bobroknya Rutan Salemba Terbongkar, Hinca Pandjaitan: Periksa Semua Aparat di Situ

Ancaman denda tersebut, kata dia, tidak berlaku di ruang pribadi seperti di rumah dan kegiatan yang dikecualikan seperti tempat makan dan saat pidato.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X