Momen Bersejarah, Untuk Pertama Kalinya Pesawat Hercules C-130 Mendarat di Tasikmalaya

- 13 Juli 2020, 15:40 WIB
Uji Coba pendaratan pesawat Hercules di Tasikmalaya.* /Pikiran-Rakyat.com/Asep MS

PIKIRAN RAKYAT - Pertama kali dalam sejarah, pesawat Hercules type C-130 HS/L-100-30 no pesawat A-1318 landing di landasan Lapangan Udara Wiriadinata Cibeureum Kota Tasikmalaya, Senin 13 Juli 2020.

Hercules type C-130 HS/L-100-30 no pesawat A-1318 tiba di Lanud Wiriadinata Cibeureum sekitar pukul 10:00 dengan pilot Penerbang Letkol Pnb Yulius Marvien dari Skadron 31 Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Pesawat langsung disambut Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, Danlanud Wiriadinata Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu SH, Kapolresta Tasikmalaya AKBP Anom Pebrianto perwakilan dari DPRD, unsur Muspida serta pejabat lainnya.

Baca Juga: Soal Hagia Sophia, Paus Fransiskus: Saya Sangat Tertekan

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, untuk pertama kalinya dalam sejarah pesawat Hercules landing atau mendarat di Lanud Wiriadinata Tasikmalaya.

"Pesawat Hercules ini merupakan pesawat pengangkut logistik dan evakuasi saat terjadi bencana. Kita sangat bangga, pesawat sekelas hercules telah bisa mendarat di Lapangan Udara (Lanud) Wiriadinata, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya," katanya.

Sehingga ujar Budi, kedepan tak hanya pesawat CN235 saja yang bisa mendarat di Wiriadinata. Namun pesawat Hercules pun bisa.

Baca Juga: Sidang Vonis Penyerangan Masjid di Selandia Baru Digelar Bulan Depan, Pelaku Ogah Didampingi Pengaca

Uji coba pendaratan pesawat Hercules sendiri lanjut Budi, merupakan hasil kajian dari pemerintah pusat untuk memastikan jika terjadi bencana alam di daerah Tasikmalaya termasuk beberapa daerah di Priangan Timur, maka untuk proses evakuasi dan pengiriman logistik bisa menggunakan pesawat Hercules.

"Kan daerah Priangan Timur ini rawan bencana. Dalam situasi bencana ini perlu evakuasi, dukungan logistik dan sebagainya. Dalam situasi darurat ini pesawat yang paling efektif. Karena berbicara waktu pesawat pasti lebah cepat," terangnya.

loading...

"Alhamdulillah uji coba ini berjalan lancar sehingga kami tenang, walaupun kita tak berharap ada musibah segala macam," imbuh Budi.

Baca Juga: Granada vs Real Madrid: Zinedine Zidane Tolak Utak-atik Angka, 'Kita Turunkan Semua Pemain'

Hal senada disampaikan Danlanud Wiriadinata, Letnan Kolonel Nav Ali Sudirman Pasaribu SH. Danlanud mengatakan, sesuai dengan data yang ada, landing Hercules di Lanud Wiriadinata Cibeureum Kota Tasikmalaya ini adalah yang pertama kalinya.

"Seperti kita ketahui, di Lanud Wiriadinata Tasik ini sudah dilakukan perpanjangan runway. Sehingga sangat memungkinkan untuk Hercules masuk ke Lanud. Apalagi wilayah Priangan Timur ini masuk daerah rawan bencana sehingga kita harus menyiapkan rencana kontijensi," tuturnya.

Uji coba perdana pesawat Hercules tipe C-130 A1318 tersebut yang menjadi pilot adalah Danskuadron Udara 31, Letkol Pnb Yulius Marvin dari Lanud Halim Perdana Kusumah, Jakarta.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X