Terapkan Protokol Kesehatan Saat Rayakan Iduladha

- 11 Juli 2020, 13:55 WIB
GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan salat Idulfitri bersama keluarganya di rumah dinas gubernur di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu 24 Mei 2020. /Dok. HUMAS PEMPROV JABAR

PIKIRAN RAKYAT - Pelaksanaan hari raya Iduladha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemi Covid-19.

Masyarakat diimbau terapkan protokol kesehatan, baik saat pelaksanaan salat Iduladha maupun proses penyembelihan hewan kurban. Tujuannya cegah penularan Covid-19.

Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Setda Provinsi Jawa Barat (Jabar) Barnas Adjidin mengimbau, lanjut usia (lansia) dan anak-anak untuk tidak melaksanakan salat Iduladha berjamaah karena rawan terinfeksi Covid-19.

"Pelaksanaan salat Iduladha harus sesuai dengan syariat Islam dan menerapkan protokol kesehatan," kata Barnas dalam jumpa pers di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat 10 Juli 2020.

Baca Juga: Wagub Jabar Dukung Pelatihan Manajerial Koperasi dan UMKM Pesantren

loading...

Terdapat sejumlah protokol yang mesti dipenuhi dalam pelaksanaan salat Iduladha. Pertama, pintu masuk tempat salat harus terpusat, supaya semua jamaah dapat dicek suhu tubuhnya.

Kemudian, jamaah harus memakai masker selama salat Iduladha berlangsung. Sebelum masuk ke tempat salat, jamaah wajib mencuci tangan dengan sabun ataupun menggunakan hand sanitizer.

Barnas merekomendasikan kotak amal disimpan di satu titik dan tidak dikelilingkan kepada jamaah.

"Para jamaah harus membawa perlengkapan sajadah dari rumah. Lalu berikutnya dalam pelaksanaan nanti harus jaga jarak minimal 1 meter," ucap Barnas.

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X