BPBD Jawa Barat: 3 Kecamatan di Garut Terdampak Gempa Magnitudo 6,1 3 Desember 2022

- 4 Desember 2022, 10:19 WIB
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. /Pixabay/Angelo Giordano

PIKIRAN RAKYAT – Gempa magnitudo 6,1 yang mengguncang Kabupaten Garut, Sabtu 3 Desember 2022 tercatat berdampak pada 3 kecamatan di wilayah tersebut, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat pada Sabtu malam, melaporkan dari tiga kecamatan tersebut, ada lima desa di Kabupaten Garut yang terdampak gempa.

Adapun ketiga wilayah tersebut di antaranya Kecamatan Pakenjeng, Kecamatan Cikelet, dan Kecamatan Selaawi.

Dari tiga daerah tersebut, diperoleh data adanya kerusakan sebanyak enam unit rumah, lima unit rumah terdampak, dan satu unit sarana pendidikan rusak ringan.

Baca Juga: Gempa Kembali Terjadi, BMKG Minta Masyarakat Tidak Panik

Kemudian, jumlah korban dilaporkan sebanyak 1 orang, dengan status luka ringan dan sudah mendapat tindakan medis dari Puskesmas.

Koordinator Pusdalops PB BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, mengatakan gempa Garut yang berpusat pada titik 7,49 LS, 107,58 BT atau 46 Km barat daya Garut di kedalaman 106 km dirasakan hingga Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Ciamis, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara itu, Bupati Garut Rudi Gunawan melaporkan berdasarkan asesmen BPBD dan para camat, gempa di wilayahnya tidak menyebabkan adanya korban jiwa.

"Kami juga ke daerah terdampak di Kecamatan Bungbulang sudah dicek, dan semuanya sudah memberikan laporan pada camat, hampir semua kepala desa, terutama yang ada di Garut bagian selatan yang dekat dengan laut itu tidak ada korban jiwa," kata Rudy Gunawan melalui siaran pers di Garut, Minggu, dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: Yudianto Nugraha

Sumber: Antara

Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x