Hujan Deras dan Angin Kencang di Cicantayan, Pohon Tumbang dan Tebing Sekolah Ambrol

- 24 November 2022, 19:49 WIB
Hujan deras dan angin kencang menyebabkan tebing longsor di area SMP Negeri 1 Cicantayan, Kabupaten Sukabumi pada Kamis 24 November 2022. Akibatnya, pagar bangunan sekolah terbawa longsor dan menyumbat aliran drainase.
Hujan deras dan angin kencang menyebabkan tebing longsor di area SMP Negeri 1 Cicantayan, Kabupaten Sukabumi pada Kamis 24 November 2022. Akibatnya, pagar bangunan sekolah terbawa longsor dan menyumbat aliran drainase. /Pikiran Rakyat/Herland Heryadie

PIKIRAN RAKYAT - Hujan deras disertai angin kencang mengguyur kawasan Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis 24 November 2022.

Hujan yang mengguyur sejak Kamis siang hingga sore hari itu mengakibatkan pohon tumbang, tebing longsor, dan satu rumah warga roboh.

Pusalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat, berdasarkan laporan dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicantayan, peristiwa pohon tumbang, tebing longsor, dan rumah roboh terjadi di tiga lokasi berbeda dalam waktu yang hampir bersamaan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan, dalam keterangannya menjelaskan, peristiwa pohon tumbang terjadi pada pukul 10.50 WIB.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi dan Medan yang Curam, Evakuasi Longsoran di Jalan Bangunjaya-Cineam Terhambat

Pohon ketapang setinggi belasan meter tumbang hingga menimpa atap rumah dinas kantor Kecamatan Cicantayan dan menara telekomunikasi.

Diduga pohon tumbang lantaran tak kuat menahan derasnya hujan dan angin kencang. Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut.

“Unsur perangkat desa dan kecamatan setempat telah mengevakuasi material pohon tumbang menggunakan gergaji mesin. Kondisi cuaca yang terus-menerus hujan menjadi kendala evakuasi," kata Wawan.

"Untuk sementara evakuasi pohon tumbang dihentikan dan akan dilanjut esok hari saat cuaca sudah tidak hujan, mengingat faktor keselamatan petugas di lapangan, khawatir pohon-pohon lain di sekitarnya juga tumbang,” katanya dalam keterangannya.

Halaman:

Editor: Akhmad Jauhari


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x