Geram Akibat Dituding Banyak Pesantren Tak Miliki IMB oleh Hermanto, Ribuan Santri akan Datangi DPRD

- 6 Juli 2020, 21:05 WIB
Ilustrasi. Santri berunjuk rasa di depan minimarket di Jalan Prawira Adiningrat, Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Senin 6 Januari 2020.* /Pikiran-Rakyat.com/Bambang Arifianto

PIKIRAN RAKYAT - Ribuan santri akan menggelar aksi di depan gedung DPRD Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa 8 Juli 2020 besok. Kabarnya, mereka akan mendatangi Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon, Hermanto.

Ini buntut dari pernyataan Hermanto yang memantik kemarahan kalangan santri. Beberapa waktu lalu, dia menyebutkan banyak pesantren yang belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kordinator Lingkar Santri Cirebon (LSC) Ahmad Ibnu Ubaidilah mengatakan, pihaknya mengakomodir para santri yang ada di pondok pesantren di wilayah timur, barat, dan utara. Sebab, mereka merasa tersinggung dengan statemen Hermanto.

Baca Juga: 3 Bulan Lawan COVID-19 hingga Kaki Diamputasi, Aktor Nick Cordero Meninggal Dunia

Estimasi masa yang akan melakukan aksi di DPRD mencapai ribuan. Banyak yang prihatin termasuk jejaring alumni," kata Ibnu, Senin 6 Juli 2020.

loading...

Menurut dia, Hermanto salah tafsir soal pesantren, dan membuat kelompok pesantren kecewa dan dirugikan. Padahal, selama ini pihaknya menjaga Marwah pesantren dan kiai. Inu menilai, statement Hermanto, dinilai sudah keterlaluan.

Baca Juga: Pernah Terkejut Lihat 1 Ton Lebih Narkoba, Chika Jessica: Banyak Teman Artis Aku Ingatkan

"Fokus saja UMC. Jangan melebar ke IMB pesantren. Kenapa harus pesantren yang jadi kambing hitam. Ini urusannya sudah SARA. Jangan anggap remah pesantren. Sebetulnya punya kepentingan apa Hermanto dengan pesantren," jelasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Cirebon Raya, Maman Kurtubi. Menurut dia, Hermanto dinilai melakukan pengalihan isu saat membahas IMB UMC.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X