Satu RW di Karantina di Cirebon Usai Satu Keluarga Positif Covid-19 Disusul Satu Warga Lain Reaktif

- 6 Juli 2020, 20:49 WIB
Pelaksanaan Rapid Test di RW 03 Pamitran Kota Cirebon. /Pikiran-Rakyat.com/Egy Septiadi

 

PIKIRAN RAKYAT - Satu dari 100 lebih peserta yang mengikuti rapid test, di RW 03 Pamitran Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon dinyatakan satu reaktif, Senin 6 Juli 2020. Pengurus RT dan RW sepakat melakukan langkah karantina atau Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di RW 03.

"Satu yang reaktif langsung di test swab, langkah itu dilakukan agar tidak semakin parah nantinya, adapun jumlahnya belum sesuai target 200 peserta, akan tetapi tidak harus ke tahap dua sekalipun belum mencapai target 200 peserta," kata Ketua RW 03 Pamitran, Sutisna Ambari, kepada Pikiran Rakyat.com.

Sutisna menambahkan adapun untuk proses PSBM, sudah disepakati oleh pengurus kampung bahwa akan menutup seluruh akses jalan.

Baca Juga: Fitur Reels Instagram Dilaporkan Meluas ke India Usai TikTok Dilarang

"Semua akses masuk ke wilayah kami akan ditutup sementara, intinya sih kami mendukung dengan adanya kegiatan ini, sebagai langkah agar warga kami sehat, jika ditemukan langsung mengikuti proses isolasi agar tidak semakin meluas, " ungkap Sutisna.

loading...

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Trimulyaningsih mengatakan cluster pamitran adalah cluster dengan jumlah positif terbanyak dibanding daerah lainnya di Kota Cirebon.

Baca Juga: Petani di Kulon Progo Temukan Jenazah Perempuan Tak Bernyawa di dalam Sumur Sedalam 4 Meter

"Daerah ini juga sudah dikategorikan sebagai zona merah, saya mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, memakai masker, rajin cuci tangan, menerapkan PHBS, dan juga jangan takut ketika merasa tidak sehat untuk memeriksakan diri," imbaunya.

Disamping juga memang perlu adanya langkah kesadaran diri, memeriksakan diri terutama di cluster pamitran ini agar penyebaran virus corona ini tidak semakin meluas.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Fix Padang

Mengenang 118 Tahun Bung Hatta

13 Agustus 2020, 00:06 WIB
X