Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Dipastikan Siap Diuji Coba oleh Presiden Jokowi dan Xi Jinping

- 2 Oktober 2022, 19:47 WIB
Kereta cepat Jakarta - Bandung akan segera ditinjau oleh Presiden Jokowi dan Xi Jinping.
Kereta cepat Jakarta - Bandung akan segera ditinjau oleh Presiden Jokowi dan Xi Jinping. /Tangkapan layar YouTube.com/PT KCIC - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan proyek kereta cepat Jakarta - Bandung jelang uji coba oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam showcase G20. Progres proyek itu kini sudah lebih dari 86 persen.

"Apa yang saya lakukan hari ini adalah memastikan bahwa kunjungan Bapak Presiden Indonesia dan Presiden Xi Jinping bisa dilaksanakan," kata Budi Karya seusai meninjau Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Sabtu 1 Oktober 2022.

Menurut dia, persiapan yang dilakukan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) jelang uji coba oleh Presiden Jokowi pada November mendatang sejauh ini relatif berjalan dengan baik.

Dia pun berbangga Indonesia akan jadi negara pertama di Asean yang memiliki kereta cepat.

Baca Juga: Bukan Gas Air Mata, Dokter Ungkap Dugaan Penyebab Banyaknya Korban Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

"Selain itu, saya juga mengimbau agar ada pakar teknologi dari China ke Indonesia. Saya juga minta ilmuan kita dilibatkan di sini, sehingga pengetahuan yang baik ini bisa bermanfaat bagi dunia konstruksi Indonesia dan juga pembuat ini," katanya.

Budi Karya menyatakan, progres proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah lebih dari 86 persen. Apabila seluruh rangkaian kereta cepat sudah datang, kata dia, maka presentasenya akan bertambah tinggi.

"Jadi sudah nearly selesai dan yang terpenting adalah sistem. Sistem itu bagian yang penting, presentasenya besar, tapi dibutuhkan waktu, termasuk uji coba. Jadi secara fisik itu sudah tinggi sekali, sekitar 86 persen," katanya.

Selain ke Stasiun Tegalluar, Budi Karya mengaku turut meninjau Stasiun Padalarang untuk memastikan proses integrasi kereta api cepat Jakarta-Bandung dengan kereta api feeder yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Halaman:

Editor: Nopsi Marga


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x