Ridwan Kamil Sebut Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sedang Meluncur dari China ke Jawa Barat

- 8 Agustus 2022, 21:04 WIB
Ilustrasi kereta cepat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, menurutnya, saat ini sedang meluncur dari China ke Jawa Barat.
Ilustrasi kereta cepat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbicara soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, menurutnya, saat ini sedang meluncur dari China ke Jawa Barat. /Pixabay/PeterW1950

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan di sosial medianya, bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah selesai.

Ridwan Kamil menyampaikan, saat ini Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut sedang dikirim ke Jawa Barat dari Qingdao, China, pada Senin 8 Agustus 2022.

Kata Ridwan Kamil, jumlah kereta yang dikirim dari parbiknya tersebut berjumlah 11 set lokomotif dan gerbongnya. Kereta tersebut akan diuji coba saat summit G20 bulan November 2022 mendatang.

"Kemudian berbagai tes dilakukan setelahnya sampai nanti saat dioperasikan penuh di Juni 2023," katanya melalui Instagram @ridwankamil pada 8 Agustus 2022.

Baca Juga: Kejanggalan Wajah Istri Ferdy Sambo Jadi Sorotan Netizen, Berikut 4 Potret Perbedaan yang Buat Tercengang

Menurutnya, tahun depan merupakan tahun di mana Indonesia akan memiliki kereta cepat dengan kecepatan maksimal 350 kilometer per jam.

Dalam unggahan Ridwan Kamil tersebut, disertakan juga video yang merangkum pembuatan dari awal hinggal akhir dan menampilkan body dan interior keretanya.

Tampak interior seperti kursi sebagian berdesian batik mega mendung dan sudah terpasang rapi.

Kereta cepat yang akan beroperasi di Indonesia tersebut, kata dia, akan menjadi kereta api cepat atau high speed rail pertama di ASEAN.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network