Tangkal Radikalisme, Ini Langkah Ridwan Kamil dan Gus Miftah bagi Generasi Muda

- 4 Agustus 2022, 17:11 WIB
Ilustrasi radikalisme.
Ilustrasi radikalisme. /Pixabay/S. Hermann & F. Richter

PIKIRAN RAKYAT - Gus Miftah memberikan ceramah kebangsaan kepada pendidik maupun peserta didik SMA/SMK/SLB se Bandung Raya di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Kamis 4 Agustus 2022.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun turut hadir dan menyebut ceramah kebangsaan tersebut merupakan upaya untuk mencegah radikalisme terhadap generasi muda.

Usai memberikan ceramah, Gus Miftah mengatakan, acara tersebut dirancang sebagai bentuk edukasi dan pembelajaran kepada para siswa untuk lebih mencintai bangsa dan negaranya.

Selain itu, untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme dengan memberikan pemahaman keberagaman dalam berbangsa dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga: Viral Rumah Sakit di Jombang Potong Kepala Bayi Demi Selamatkan Ibunya, RSUD Jombang: Kami Terpaksa

"Saat ini bangsa terlalu lelah dengan tiap-tiap yang senantiasa memperbesar perbedaan sehingga menimbulkan permusuhan antara satu kelompok dengan yang lainnya. Maka kemudian kami menganggap penting untuk membuat acara ini sehingga anak-anak didik kita mampu memahami kebangsaan secara baik dan benar," katanya.

Selain itu, lanjut Gus Miftah anak-anak didik dapat menganggap perbedaan itu secara rahmat bukan pemicu menjadi kebencian dan permusuhan.

Ridwan Kamil menuturkan, Jabar merupakan provinsi pertama yang punya kurikulum anti radikalisme.

"Kami sedang mempersiapkan ketahanan Ideologi itu lewat kearifan lokal, muatan lokal. Salah satunya ceramah kebangsaan ini yaitu menyasar anak-anak SMA SMK SLB yang akan digelar di lima wilayah di Jabar," katanya.

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network