Pemutihan dan Pengampunan Pajak Kendaraan Kini Lebih Singkat, Catat Tanggalnya!

- 1 Juli 2022, 06:00 WIB
Dokumentasi salah satu Samsat di Jawa Barat. Pengurangan dan pembebasan atau pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) kembali dilaksanakan.
Dokumentasi salah satu Samsat di Jawa Barat. Pengurangan dan pembebasan atau pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) kembali dilaksanakan. /Antara/Adeng Bustomi

PIKIRAN RAKYAT - Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19. 

Salah satunya dengan meluncurkan program pengurangan dan pembebasan atau pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berlangsung mulai tanggal 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Menurut Fungsional Ahli Muda Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Samsat Garut, Andri Wijaya, program yang diluncurkan ini tidak jauh berbeda dengan program pengampunan pajak yang diluncurkan tahun sebelumnya, yakni Triple Untung. 

Baca Juga: Akui Tak Memiliki Anggaran, Pemkab Tasikmalaya Belum Bisa Perbaiki Jembatan Desa Cayur dan Desa Sindangkasih

Kedua program ini sama-sama bertujuan membantu meringankan beban masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan pascapandemi Covid-19.

Fungsional Ahli Muda Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Samsat Garut, Andri Wijaya, memberikan penjelasan tentang program pengurangan dan pembebasan atau pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berlangsung mulai tanggal 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022.
Fungsional Ahli Muda Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) atau Samsat Garut, Andri Wijaya, memberikan penjelasan tentang program pengurangan dan pembebasan atau pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang berlangsung mulai tanggal 1 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022. Pikiran Rakyat/Aep Hendy

"Program yang kita luncurkan saat ini sebenarnya tak jauh beda dengan program Triple UNtung yang kita luncurkan tahun lalu. Yang membedakannya hanya pada durasi waktunya yang lebih singkat dibanding sebelumnya," kata Andri saat ditemui di Kantor P3DW Garut, Kamis, 30 Juni 2022.

Menurutnya, ada dua kegiatan pokok dalam program pemutihan PKB ini. 

Baca Juga: Dicurigai Adanya Perbudakan dan Kerja Paksa Umat Muslim Uighur, Amerika Serikat Larang Barang Impor China

Kegiatan pertama, pembebasan yang meliputi bebas denda PKB, bebas BBNKB ke-2 dan bebas tunggakan pajak tahun ke-5. 

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network