Asal Usul Nama Garut, Berawal dari Salah Pengucapan Orang Belanda

- 16 Mei 2022, 15:10 WIB
 Mengenal sejarah nama Garut, berawal dari orang Belanda yang salah mengucap saat sedang mencari ibu kota baru Kabupaten Limbangan.
Mengenal sejarah nama Garut, berawal dari orang Belanda yang salah mengucap saat sedang mencari ibu kota baru Kabupaten Limbangan. /Antara/Candra Yanuarsyah

PIKIRAN RAKYAT - Garut dikenal berkat jenis domba khas dan dodolnya yang sangat enak. Namun di balik itu, ternyata ada rentetan sejarah panjang yang mengiringi nama Garut.

Secara geografis, Garut terletak tak jauh dari Bandung yang merupakan ibu kota Jawa Barat.

Oleh karena itu, Garut memegang peranan penting sebagai penyangga dan hinterland Bandung Raya.

Mengutip dari situs resmi Kabupaten Garut, sejarah Garut bermula dari pembubaran Kabupaten Limbangan pada 1811 oleh Daendels.

Kala itu, Kabupaten Limbangan dibubarkan karena produksi kopi dari daerah itu terus merosot, hingga akhirnya menyentuh titik paling rendah, serta bupatinya yang menolak perintah menanam nila (indigo).

Gunung Guntur di Garut dengan latar depan persawahan di kawasan Rancabango.
Gunung Guntur di Garut dengan latar depan persawahan di kawasan Rancabango.

Baca Juga: Mengenal Domba Garut, Hewan Ternak dengan Kualitas Mendunia yang Kuat Diadu

Pada 16 Februari 1813, Letnan Gubernur di Indonesia yang saat itu dijabat Raffles, mengeluarkan Surat Keputusan tentang pembentukan kembali Kabupaten Limbangan di wilayah Suci.

Untuk suatu kota atau kabupaten, keberadaan wilayah Suci dinilai tidak memenuhi persyaratan. Sebab, daerah itu sangat sempit.

Halaman:

Editor: Elfrida Chania S


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network