Sambut AKB, Disnakertrans Jabar Susun SOP dan Protokol Kesehatan untuk Sektor Ketenagakerjaan

- 8 Juni 2020, 07:28 WIB
ILUSTRASI tenaga kerja.*
ILUSTRASI tenaga kerja.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) telah membuat protokol kesehatan untuk melindungi pekerja dari paparan Covid-19.

Selama PSBB tingkat provinsi berjalan, Disnakertrans Jabar telah mengeluarkan tiga surat edaran. Pertama, Surat Kadisnakertrans Jabar no. 443/1347/Disnakertrans tentang Protokol Pencegahan Covid-19 dalam Pelayanan Ketenagakerjaan.

Kemudian, Surat Edaran Kadisnakertrans Jabar no. 560/1471/Disnakertrans tentang Pemantauan Dampak Covid-19 terhadap Keberlangsungan Hidup Pekerja/Buruh dan Perusahaan/Industri di Jabar.

Baca Juga: BERITA BAIK, Update Virus Corona Dunia 8 Juni 2020, Nyaris Setengah dari 7 Juta Pasien telah Sembuh

Terakhir, Surat Edaran Kadisnakertrans Jabar no. 443/2100/Disnakertrans tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pasca Hari Libur Keagamaan.

Saat ini, Pemprov Jabar mulai menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Oleh karena itu Disnakertrans Jabar pun mulai menyusun protokol kesehatan di industri di tengah penerapan AKB.

"Kebijakan yang sudah diberlakukan akan menjadi acuan untuk menyusun SOP perusahaan/industri/perkantoran saat AKB di Jabar berjalan. Termasuk Surat Edaran Gubernur Jabar tentang pelaksanaan social distancing di lingkungan perusahaan," kata Kepala Disnakertrans Jabar, Mochamad Ade Afriandi. 

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Penjualan Sayuran ke Luar Garut Sempat Terhenti, Petani Merugi

Dalam kebijakan-kebijakan sebelumnya, pimpinan perusahaan dan pimpinan unit kerja serikat pekerja diminta ikut serta mengantisipasi penyebaran Covid-19 di perusahaannya, dengan mengoptimalisasi fungsi pelayanan kesehatan kerja.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: PRFM News


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X