Kebun Raya Bogor Bersiap Buka Jika Pemerintah Tetapkan AKB

- 7 Juni 2020, 16:44 WIB
PENGUNJUNG memasuki pintu 1 Kebun Raya Bogor, belum lama ini. Bima Arya meminta kajian sejarah Kebun Raya Bogor dilakukan lebih mendalam, termasuk di zaman Prabu Siliwangi.* /WINDIYATI RETNO SUMARDIYANI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI berencana membuka Kebun Raya Bogor untuk umum seiring dengan rencana pemerintah pusat menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Segala persiapan terus dilakukan agar pembukaan Kebun Raya Bogor tetap aman bagi pengunjung di situasi pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Hendrian mengatakan, rencana pembukaan Kebun Raya Bogor masih harus mempertimbangkan kondisi terkini kasus Covid-19 di Indonesia. Jika memang terus membaik, peluang untuk membuka kembali Kebun Raya Bogor untuk masyarakat umum cukup besar.

“Mohon doanya, agar bisa sehat kembali, Kebun Raya bisa buka. Saya lihat masyarakat sudah enggak tahan pengen buka,” ujar Hendrian, Minggu 7 Juni 2020.

Baca Juga: Payung Hukum Operasional Tapera Terbit, Eko Djoeli: Ini adalah Berkah

Menurut Hendrian, menjelang berlakunya AKB, Kebun Raya Bogor secara rutin menyemprotkan disinfektan di sejumlah lokasi pelayanan publik seperti Gedung Konservasi, tempat penjualan tiket, dan toko oleh-oleh.

loading...

Selama tiga bulan ditutup, pengelola Kebun Raya Bogor juga terus berupaya menjaga kebersihan. Ketiadaan pengunjung yang pertahunnya mencapai 1,1 juta jiwa itu, kata Hendrian, cukup berperan besar terhadap pengurangan sampah an-organik. Sementara untuk sampah daun, Hendrian mengatakan, sampah tersebut dibiarkan berada di bawah pohon karena berguna untuk mengurangi penguatan.

“Jadi yang dimaksud bersih di Kebun Raya Bogor itu enggak ada sampah non-organi. Kalau kebersihan itu sudah pasti, apalagi posisi kami dekat dengan istana. Pak presiden sering melewati KRB, untuk jogging juga, jadi itu motivasi khusus bagi kami untuk memelihara secara intensif,” kata Hendrian.

Baca Juga: Asosiasi PSSI Kota Bandung Sukses Gelar Coaching Clinic Secara Virtual

Sementara itu, Kepala Humas Kebun Raya Bogor Ayi Doni Darussalam mengatakan, selain menyemprotkan disinfektan secara rutin, aturan protokol kesehatan juga terus dimatangkan untuk menyambut pembukaan Kebun Raya Bogor.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X