Bekasi Command Center Percepat Respon Pengaduan Pelanggan PLN

- 3 Juni 2020, 17:18 WIB
KESIBUKAN di Bekasi Command Center.* /RIESTY YUSNILANINGSIH/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - PLN UP3 Bekasi meluncurkan 'Bekasi Command Center' demi mempercepat respon terhadap pengaduan pelanggan. BCC mulai dioperasikan pada Rabu 3 Juni 2020 usai peresmian yang dilakukan langsung oleh Manager PLN UP3 Bekasi Ririn Rachmawardini.

"Dengan dibentuknya BCC, 'response time' atas setiap pengaduan yang masuk ke sistem PLN bisa ditanggapi lebih cepat," ucap Ririn.

'Response time' adalah waktu tanggap yang dihitung sejak pelanggan menginformasikan gangguannya melalui platform yang disediakan PLN sampai dengan tim pelayanan teknik tiba di lokasi pengaduan.

Baca Juga: Laju Penambahan Kasus Positif Covid-19 Kembali Tertahan Selama 4 Hari di Kota Tasikmalaya

"Kalau sebelumnya tim pelayanan teknik terikat dengan wilayah kerja, dengan adanya BCC ini menjadi 'borderless'. Pengaduan dari pelanggan di mana pun, bisa segera diproses oleh tim pelayanan teknik yang terdekat," katanya.

Selain itu, integrasi sistem pengaduan dengan cara pemusatan komando di satu tempat -dari yang sebelumnya berada di enam tempat berbeda- pastinya juga akan lebih memudahkan dan mempercepat koordinasi antar unit. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari BCC.

Baca Juga: Haji 2020 Batal, Begini Prosedur Pengembalian Setoran Lunas Bipih Reguler

"PLN telah menyediakan banyak cara yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk membuat pengaduan. Semakin mudah dan praktis untuk melaporkan gangguan, tentunya gangguan yang memang merupakan kewenangan PLN," ucapnya.

Selain media sosial, layanan pengaduan yang telah tersedia adalah melalui 'Contact Center' 123 dengan berbicara langsung kepada operator PLN melalui 123 apabila menggunakan PSTN atau (kode area) 123 jika menggunakan HP.

Baca Juga: MUI Pusat Diminta Mengeluarkan Fatwa Salat Jumat dengan Shift

PLN juga menyediakan layanan pengaduan melalui 'twitter' @pln_123, facebook PLN 123, dan juga pln123@pln.co.id dengan 'Virtual Assistant' PLN 123.

Seluruh 'platform' pengaduan yang disediakan, termasuk BCC dan tim pelayanan teknis tersebut bisa diakses dan 'online' selama 24 jam.

"Semoga dengan makin lengkapnya fitur layanan ini akan semakin meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat agar pelanggan dapat menikmati listrik dengan nyaman," kata Ririn. ***

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X