Puting Beliung, Terbangkan Genteng Puluhan Rumah Warga Sukabumi

- 29 Mei 2020, 18:43 WIB
RUMAH warga di dua kampung Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jumat 29/5/2020, rusak akibat terjangan angin puting beliung.* /AHMAD RAYADIE/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Tiga puluh tiga unit rumah warga di dua kampung di Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jumat 29 Mei 2020 rusak  diterjang puting beliung.

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa dan luka luka, tapi terjangan angin kencang menyebabkan rumah warga di Kampung Kawungluwuk dan Kampung Tegalsereh, rusak sedang dan ringan. 

Warga di dua kampung sempat kalang kabut saat hujan deras dan angin kencang yang disertai petir menerjang perkampungan.

Baca Juga: Jelang Kenormalan Baru, Personel Polres Purwakarta Bersihkan Rumah Ibadah

"Angin kencang yang disertai hujan deras dan petir sempat membuat kami was-was. Kami lari meninggalkan rumah saat sapuan angin kencang memporakporandakan bagian atap rumah," kata warga Kampung Kulungwuluk, Hasan. 

Hasan mengatakan, hembusan kencang tidak hanya merusak rumah warga. Tapi belasan pohon besar bertumbangan dan menimpa rumah warga.

"Beberapa mobil dan motor milik warga rusak, akibat  tertimpa pohon besar. Beruntung tidak ada warga yang tertimpa bangunan. Para penghuni rumah selamat saat pohon besar menimpa rumahnya," kata Hasan.

Baca Juga: Kegiatan Olahraga Indonesia Mungkin Adopsi Panduan dari Vietnam 

Hasan mengatakan, warga dibantu BPBD dan  personil Kepolisian dan TNI melakukan proses evakuasi. Terutama menyingkirkan pohon besar yang menimpa rumah warga.

"Hanya saja, kami masih menggunakan peralatan seadanya untuk menyingkirkan pohon-pohon yang menimpa rumah warga," katanya. 

Baca Juga: Wali Kota Bekasi Minta Nadiem Makarim Ringankan Biaya Kuliah Warganya

Koordinasi Pusat Pengendalian dan Operasional, BPBD Kabupaten  Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, telah melakukan langkah  assesmen pasca bencana puting beliung menerjang dua kampung di Kecamatan Gegerbitung. "Kami telah menurunkan tim untuk melakukan langkah assesmen," katanya

"Kami masih belum mengetahui berapa banyak rumah warga yang hancur diterjang angin putting beliung. Karena kami tengah melakukan pendataan," katanya.***

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Zona Priangan

Ferrari Lepas Vettel

5 Juli 2020, 22:24 WIB
X