Jawa Barat Perpanjang PSBB Jelang New Normal, Ridwan Kamil Unggah Bukti Jabar Terkendali Menurut WHO

- 29 Mei 2020, 18:24 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil memimpin rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Rabu 27 Mei 2020.* /Dok. HUMAS PEMPROV JABAR

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mengumumkan bahwa akan memperpanjang PSBB di 12 wilayah Jawa Barat hingga 14 Juni 2020 dan memperbolehkan 15 daerah lainnya untuk menerapkan New Normal.

Keputusan tersebut diambilnya lantaran melihat Jawa Barat menjadi Provinsi dengan angka reproduksi COVID-19 yang terkendali dihitung dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dikabarkan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya, Jawa Barat bersama dengan tiga provinsi lainnya yakni, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Gorontalo sudah masuk kedalam kategori hijau.

Baca Juga: Pasien Sembuh Dapat Surat Sehat di Tasikmalaya, Positif COVID-19 Tinggal 5 Orang di RSUD

Termasuk di dalamnya ada 25 kota lainnya, namun untuk di luar itu ada pengaturan 'New Normal' yang diatur sesuai dengan situasi.

Melalui unggahan di Instagram resminya, orang nomor satu di Jawa Barat itu menunjukan sebuah kurva yang memperlihatkan laporan kasus positif COVID-19 setiap harinya.

Kang Emil begitu sapaan akrabnya menuliskan sebuah penjelasan, di mana berdasarkan keterangan WHO jika sebuah wilayah bisa mempertahankan indeks reproduski COVID-19 (Rt) di angka 1 selama 14 hari, maka bisa dikatakan terkendali.

Baca Juga: Beli Toyota Fortuner, Kijang Innova Masih Dapat Diskon Rp 100 Juta

"WHO mengatakan jika wilayah bisa mempertahankan indeks reproduksi covid (Rt) selalu diangka 1 selama 14 hari, maka wilayah bisa dikategorikan terkendali," tulisnya dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Instagram resmi @ridwankamil, yang diunggah pada Kamis, 28 Mei 2020.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X