Kelompok Karya Tani Muda Tasikmalaya Berhasil Panen Holtikultura untuk Cukupi Ketahanan Pangan

- 29 Mei 2020, 14:40 WIB
PEMUDA kelompok Karya Tani Muda di Desa Sukasenang Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya yang melakukan panen holtikultura.* / /Aris MF/KP

PIKIRAN RAKYAT – Sejumlah pemuda yang tergolong dalam kelompok Karya Tani Muda di Desa Sukasenang, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya telah mampu melaksanakan panen Holtikultura atau budidaya tanaman kebun di tengah ketersediaan pangan yang menurun karena pandemi COVID-19.

Hal ini diwujudkan oleh kelompok Karya Tani Muda untuk memenuhi kebutuhan dan ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar.

Asep Nurjaman selaku Ketua Tani Muda mengatakan bahwa melalui hasil produksi pertanian holtikultura ini, akan memudahkan setiap keluarga untuk mencukupi ketahanan pangan.

Baca Juga: Dampak Corona, Pemkab Tasikmalaya Kehilangan Pemasukan Rutin hingga Rp 1,1 Miliar dari Sektor Wisata

Karena ketahanan pangan keluarga salah satu indikatornya yaitu dapat membuat stamina dan imun tubuh menjadi kuat serta terjaga dengan tercukupinya konsumi pangan.

"Bahwa melalui kegiatan seperti ini petani muda di Desa Sukasenang ingin mendorong para pemuda untuk mau bercocok tanam dan memanfaatkan lahan kosong yang tidak produktif menjadi produktif," kata Asep.

Dikatakan Asep, tujuannya tiada lain agar masyarakat bisa mengurangi pengeluaran belanja. Sehingga kebutuhan sayur mayur dapat terpenuhi dari hasil bercocok tanam sendiri, baik di kebun maupun di pekarangan rumah.

Baca Juga: Jelang New Normal, Data Kasus Positif Covid-19 Hasil Rapid Test di Kota Tasikmalaya Menghilang

“Apalagi ekonomi seperti sekarang ini sedang masa sulit akibat dampak pandemi COVID-19," ujarnya.

Halaman:

Editor: Irma Nurfajri Aunulloh

Sumber: Pikiran Rakyat Tasikmalaya


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X