Sabtu, 30 Mei 2020

DHR Kabupaten Sukabumi Gunakan Alat Tradisional Bektang untuk Melihat Hilal

- 23 Mei 2020, 15:19 WIB
Gawang, bagian dari Bektang - Mantra Sukabumi */ /Via Mantrasukabumi.com

PIKIRAN RAKYAT - Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Kabupaten Sukabumi, menggunakan alat tradisional yang dikenal dengan istilah 'Bektang', sebuah alat dari besi yang dibentuk khusus untuk menentukan awal bulan Ramadhan, satu syawal atau Idulfitri serta Iduladha. 

Operator DHR Kabupaten Sukabumi, Zaenurridwan menjelaskan, bahwa Bektang sendiri terbuat dari cerobong kecil dan gawangan.

DHR Kabupaten Sukabumi, biasa melakukan rukyatul hilal di Pusat Observasi Bulan, di Kampung Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan.

Baca Juga: Tutorial Hijab Segi Empat Menutup Dada untuk Idul Fitri 2020 ala Shireen Sungkar

Zaenurridwan, menuturkan, penamaan alat Bektang tersebut diambil dari dua orang nama tokoh.

"Bektang itu diambil dari dua nama tokoh ahli palak, Kh. Sa'dudin Djambek dari Padang, satu lagi Kh. Tangsoban Mangku dari Sukabumi, Jawa Barat," terangnya.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Mantrasukabumi.com dengan judul "Bektang, Alat Tradisional yang Digunakan DHR Untuk Melihat Hilal di POB Cibeas Sukabumi"

Baca Juga: Pertama di Asia Tenggara, VW Indonesia Siap Gelar Festival Online Volkswagen VIII via Media Sosial

Diketahui, Bektang ini terdiri atas dua bagian, yaitu tiang pengincar dan gawang lokasi. Tiang pengincar beguna untuk mengincar hilal, sementara gawang lokasi adalah logam berbentuk kotak yang berguna untuk melokalisir pandangan saat melihat hilal.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Mantra Sukabumi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X