Pusat Isolasi Covid-19 Kabupaten Bogor Gunakan Gedung BPSDM Kemendagri

- 19 Mei 2020, 16:03 WIB
Kab Bogor Punya Pusat Isolasi Covid-19 /

PIKIRAN RAKYAT – Pemerintah Kab Bogor kini menyediakan  Pusat  Isolasi Covid 19 dengan fasilitas 44 kamar dengan 84 tempat tidur.

Pusat isolasi ini memanfaatkan  Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri yang terletak di Jalan raya Kemang, Kab. Bogor.

“Pusat isolasi sudah bisa beroperasi  untuk menunjang fasilitas perawatan pasien covid-19 selama masa pandemi,” kata Bupati Bogor Ade Yasin.

Baca Juga: Update Kasus Virus Corona di Indonesia per Selasa Sore, 19 Mei 2020: Positif COVID-19 18.496 Orang

Menurut dia, pusat isolasi diperuntukan bagi masyarakat dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 20 ranjang dan dengan status Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 60 ranjang. “Ada doker dan perawat serta relawan yang berjaga di pusat isolasi untuk melakukan perawatan intensif kepada para pasien yang memerlukan karantina,” ujar Bupati Ade Yasin.

Pusat isolasi tersebut diresmikan Senin 18 Mei 2020. Informasinya,  akan ada 28 orang dokter umum, 8 orang dokter spesialis dan 212 tenaga kesehatan yang siap bertugas.

loading...

Untuk merekrut dokter spesialis, dokter umum, perawat dan tenaga kesehatan,  kata Bupati Ade Yasin, pihaknya  bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Baca Juga: ISKI Bahas Komunikasi dan Kolaborasi Penanganan COVID-19

Penyiapan gedung  milik  Kemendagri ini  merupakan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka penyediaan sarana sebagai antisipasi lonjakan pasien Covid-19.

Rencananya di pusat isolasi ini peruntukan pasien PDP ODP dan PDP ringan dengan usia 15 tahun ke atas. Kalau untik bayi atau dibawah usia 15 tahun para PDP akan di rawat di rumah sakit.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X