Pilih Belanja untuk Lebaran, Kesadaran Masyarakat Cianjur untuk Rapid Test Masih Rendah

- 17 Mei 2020, 16:05 WIB
MASYARAKAT memadati pusat perbelanjaan dan area pasar selama masa PSBB parsial berlaku, di Jalan Mangunsarkoro, Cianjur. Aturan pembatasan masih diabaikan masyarakat, bahkan tidak sedikit yang tidak menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker di luar rumah. * /SHOFIRA HANAN/PR

PIKIRAN RAKYAT - Kesadaran masyarakat Cianjur untuk aktif berpartisipasi pada rapid test massal masih rendah. Walaupun ada kesempatan, sebagian besar orang malah memilih untuk berbelanja kebutuhan lebaran tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

Padahal, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Cianjur diketahui terus meningkat. Sayangnya, hal itu tak lantas membuat masyarakat sadar dan berinisiatif memeriksakan diri saat ada kesempatan dari pemerintah.

“Masyarakat yang ikut tes ini minim. Padahal, kami melakukan tes secara acak di pusat keramaian,” ujar Herman, Minggu 17 Mei 2020.

Baca Juga: Banprov untuk 3 Proyek Dibatalkan, Hanya Alun-alun yang Dilanjutkan

Kondisi tersebut memang terlihat saat tes dilaksanakan di kawasan Bomero Citywalk, Jalan Mangunsarkoro. Masyarakat yang beraktivitas di kawasan tersebut, kebanyakan memilih untuk berbelanja kebutuhan Lebaran tanpa memperhatikan protokol kesehatan dariapda mengikuti rapid test.

Berdasarkan pantauan, di lokasi pun imbauan maupun arahan dari petugas kepada masyarakat agar mengikuti rapid test massal cenderung kurang. Maka dari itu, masyarakat yang ada di sekitar lokasi pun acuh.

Herman menjelaskan, sebenarnya tes massal itu dilakukan agar pihak terkait dapat memberikan penanganan lanjutan jika didapati masyarakat yang memiliki gejala. Bagi masyarakat yang terbukti positif berdasarkan hasil rapid test akan langsung dilakukan isolasi di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: PKL Bertebaran di Cimahi, Tak Peduli PSBB dan Pandemi Covid-19

“Untuk masyarakat yang sudah ikut tes, hasilnya akan di kirim ke alamat masing-masing. Ini sekaligus untuk memberikan efek jera bagi mereka,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X