Rukiyah, Nenek di Majalengka yang Besarkan 3 Cucu Sendirian dan Ditinggal Pergi Menantu Dua Kali

- 17 Mei 2020, 15:14 WIB
Rukiyah (56) warga Blok Cempaka, RT 16/08, Desa Panyingkiran, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka tengah mengasuh tiga cucunya di depan rumahnya. Dia harus membesarkan tiga cucunya setelah ditinggal pergi ayah mereka sejak kecil, sedangkan ibunya pergi menajdi TKI di malaysia sejak 6 bulan lalu dan belum mengirimnya uang.* /TATI PURNAWATI/KC

PIKIRAN RAKYAT - Rukiyah (56) warga Blok Cempaka, RT 16/08, Desa Panyingkiran, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka harus mengasuh tiga cucunya setelah ditinggal pergi ayah mereka sejak kecil entah ke mana, sementara ibunya pergi menjadi TKI ke Malaysia sejak 7 bulan lalu untuk mencari nafkah guna menghidupi anak-anaknya.

Ketiga cucu yang diasuh Rukiyah ini satu duduk dibangku SMP kelas II, cucu ke duanya duduk dibangku kelas III SD dan paling bungsu masih usia 4 tahun. Ketiga cucunya tersebut dari dua menantu yang sama-sama pergi meninggalkan anaknya entah kemana.

Untuk menghidupi ketiga cucunya tersebut dia harus kerja keras berjualan gorengan dengan penghasilan yang tidak seberapa, setelah itu mencari kayu bakar untuk memasak yang tungkunya berada di halaman rumahnya.

Baca Juga: Kontroversi Indira Kalistha, dr. Tirta Sempat Ajak Aa Utap Bertemu: Gue Mau Denger Klarifikasi Lu

“Penghasilan dari berjualan ya tidak menentu terkadang Rp 50.000 kadang juga kurang. Uang sebesar itu kan untuk jajan mereka, makan mereka yang sehari bisa habis satu literan. Belum untuk kebutuhan lainnya, apalagi yang paling kecil jajannya lumayan,” kata Rukiyah.

Semula Rukiyah membesarkan cucu bersama anaknya yang kini pergi ke Malaysia. Namun karena biaya sekolah dan biaya hidup terlalu besar anaknya nekat pergi ke Malaysia dengan harapan kelak bisa menyekolahkan anaknya hingga tamat SLTA atau paling tidak semua bisa sekolah dan sebagian bisa untuk menyambung hidup.

“Anak saya dua kali menikah, dipernikahan pertama punya anak dua, namun cerai ketika anak kedua masih bayi usia beberapa bulan. Bapaknya tidak pernah datang. Setelah itu menikah lagi dan punya anak, bapaknya meninggalkan lagi disaat anaknya yang juga masih sangat kecil,” ungkap Rukiyah.

Baca Juga: Akan Tayang di TVRI, KPK dan Kemendikbud Bergandeng Tangan Hadirkan Program Edukasi

Karena beban hidup yang cukup berat akhirnya ibu dari ketiga anak tersebut pergi mengadu nasib ke Malaysia, kini sudah 6 bulanan berada di Malaysia. Namun setelah 6 bulan berada di sana belum ada kiriman uang untuk membantu menghidupi buah hatinya. Alasan majikannya gaji baru akan diserahkan setelah satu tahun bekerja.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X