Atalia Ridwan Kamil Apresiasi Kencleng PKK Kabupaten Cianjur

- 9 Mei 2020, 20:31 WIB
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil saat meninjau Dapur Umum di Desa Limbangsari, Kabupaten Cianjur, Jumat 8 Mei 2020. /Dok. Humas Pemprov Jabar

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengapresiasi PKK Kabupaten Cianjur yang berinisiatif membuka sumbangan sukarela (kencleng).

Hasil kencleng yang mencapai Rp10 juta itu kemudian disalurkan untuk penanganan COVID-19 di Jabar.

“Gerakan ini bukan gerakan dari pemerintah, tapi dari warga masyarakat. Mereka yang cinta kepada wilayah masing-masing, mereka ikut serta berkontribusi,” kata Atalia saat meninjau Dapur Umum di Desa Limbangsari, Kabupaten Cianjur, Jumat 8 Mei 2020.

Baca Juga: Momentum PSBB Tingkat Provinsi untuk Tes Masif

Atalia berharap, inisiatif PKK Kabupaten Cianjur dapat memotivasi masyarakat lain untuk ikut berkontribusi menangani permasalahan sosial dan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Tadi sudah ada sepuluh juta rupiah, ini luar biasa. Dari PKK kabupaten membuat kencleng yang bisa diberikan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat, ini bagus sekali,” ucapnya. “Mudah-mudahan bisa terus menyebar luas kemana-mana dan kita bisa selesaikan masalah ini bersama-sama,” tambahnya.

loading...

Ketua TP PKK Kabupaten Cianjur Anita Sincayani melaporkan, kencleng sudah dimulai sejak lama. Menurut ia, tidak ada paksaan bagi anggotanya untuk ikut berkontribusi.

Baca Juga: Cetar Ramadhan 1441 H Edisi 17: Tradisi dan Kondisi Kekinian Tentang Alquran di Tengah Masyarakat

“PKK Kabupaten ini sejak awal kita bikin pos kencleng. Kesukarelaan, berapa saja anggota boleh isi,” katanya.

Anita mengatakan, hasil kencleng tersebut telah digunakan untuk gerakan kemanusiaan, di antaranya membantu operasional program Gerakan Nasi Bungkus (Gasibu) dan menyediakan masker.

“Kemarin itu ada sekitar sepuluh juta lebih, saya anggarkan untuk gerakan nasi bungkus ini dan ada juga untuk beli masker. Masih ada sisa kurang lebih tujuh juta lagi, Insyaallah mungkin akan diatur lagi,” ucapnya.

Baca Juga: Viral Video Ferdian Paleka Alami Perundungan di Sel, Polrestabes Bandung: Para Tahanan Tidak Suka

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X