NPCI Jabar Dukung Diundurnya PON dan Peparnas 2020, Beberapa Faktor Jadi Pertimbangan

- 17 April 2020, 16:56 WIB
PARA atlet angkat besi Jabar tengah berlatih saat Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Jawa Barat Engkus Sutisna melakukan pengecekan Pelatda Peparnas Papua 2020, di Sekretariat NPCI Jawa Barat, beberapa waktu lalu.* /MIRADIN SYAHBANA RIZKY/PR

PIKIRAN RAKYAT - National Paralimpik Comittee Indonesia (NPCI) Jawa Barat mendukung langkah pemerintah pusat untuk mengundurkan Pekan Olahraga Nasional (PON) serta Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2020 di Papua.

Menurut Ketua Umum NPCI Supriatna Gumilar mengatakan pengunduran jadwal PON serta Peparnas merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 yang tengah melanda dunia tak terkecuali Indonesia.

"Tentu kami sangat mendukung apapun keputusan pemerintah pusat mulai dari Presiden,  Kemenpora hingga PB Peparnas perihal dimundurkannya Peparnas XVI 2020 Papua. Tapi saat ini kita sedang menunggu keputusan serta surat resmi dari Presiden Joko Widodo. Karena perubahan di tangan beliau," ucap Supriatna saat dihubungi "PR", Jumat 17 April 2020.

Baca Juga: Pasien Sembuh COVID-19 di Indonesia Terus Bertambah, Total Positif 5.923 Kasus

Dia menambahkan, dengan kondisi seperti saat ini sangat sulit bagi tuan rumah Papua menyelesaikan semua persiapan untuk PON dan Peparnas. Pasalnya, Supriatna menilai beberapa barang dan perlengkapan yang dikirim dari luar negeri pastinya akan sulit masuk ke Indonesia.

"Beberapa peralatan pastinya membeli dari luar negeri. Dan kita tahu beberapa negara sedang memberlakukan lockdown jadi saya kira sulit untuk menyelesaikannya tepat waktu. Jadi pengunduran jadwal merupakan solusi yang terbaik," tuturnya.

Selain itu, Supriatna mengatakan, dengan kondisi pandemi seperti ini sangat sulit bagi semua atlet di tiap provinsi untuk berlatih maksimal. Sebab, dengan berlatih secara mandiri di rumah sangat berbeda dengan berlatih intensif seperti menggelar pemusatan latihan atau training camp  (TC).

Baca Juga: Umuh Ungkap Striker Persib Bisa Sembuh dari COVID-19, Ingatkan Pemain Lain Jaga Kondisi

"Saat ini para atlet masih mengikuti jadwal yang dibuat oleh NPCI Jabar untuk tetap berlatih intensif secara mandiri. Itu karena, selama belum ada keputusan serta surat resmi dari Presiden maka kami masih berpegang pada jadwal yang sudah ditetapkan," katanya.

Dia menambahkan meski pada akhirnya Peparnas diundur ia yakin para atlet akan menerimanya. Sebab, para atlet dan pelatih telah mengetahui konsekuensi yang berbahaya jika Peparnas digelar saat Corona Covid-19 belum mereda.

"Saya yakin para atlet dan pelatih akan legowo. Ini soalnya keputusan bersama demi kebaikan kita semua. Jadi tidak ada masalah," ujarnya.

Baca Juga: Tak Pedulikan COVID-19, Cucu Mantan Perdana Menteri di India Gelar Pesta Pernikahan Mewah

Bahkan, kata Supriatna, NPCI Jabar siap menggunakan dana untuk Peparnas dialihkan oleh Pemprov Jawa Barat digunakan untuk penanganan Corona Covid-19. Namun, hal tersebut perlu pembicaraan lebih lanjut dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kadispora Jabar.

"Andaikan dana kami dialihkan untuk penanganan Corona Covid-19 di Jabar kami sangat setuju. Yang pasti ini untuk rakyat Jabar. Tapi perlu ada adendum membahas soal peralihan dana itu," katanya.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X