Kebutuhan Beras di Kabupaten Karawang Selama Ramadhan Dipastikan Aman

- 16 April 2020, 12:45 WIB
ILUSTRASI Beras di Gudang Bulog.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Menjelang tibanya Ramadhan 1441 Hijriah, kebutuhan bahan pangan pokok di Kabupaten Karawang relatif aman. Hal itu mengacu pada data hasil panen padi yang dinyatakan masih surplus hingga pertengan April 2020 ini.

Namun demikian ada beberapa komoditas yang harus dijaga ketersediaan dan harganya selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti.

"Secara umum ketersediaan bahan pangan pokok di Karawang masih terjaga. Bahkan, untuk komoditas beras, Karawang mengalami surplus," ujar Kepala Dinas Pangan Kabupaten Karawang, Kadarisman, saat dihubungi, Kamis 16 April 2020.

Baca Juga: Petani di Majalengka Terpaksa Panen Padi yang Terendam Banjir

Menurutnya, saat areal sawah yang telah dipanen mencapai 9.700 hektare. Hingga akhir April nanti sawah yang bisa dipetik hasilnya mencapai 10.000 hektere.

loading...

Kadarisman memprediksi hingga Juni mendatang arael sawah yang penen mencapai 67 persen dari 93.000 hektare sawah di Karawang. Dan panen musim rendeng akan tuntas Oktober 2020 nanti.

Dengan kondisi cuaca seperti saat ini, dipastikan produksi padi bakal stabil, bahkan mungkin naik.

Baca Juga: Imbas Pandemi Covid-19, Harga Jahe Merah Sentuh Angka Rp 110.000 per Kilogram

"Dari setiap hektare sawah biasanya diperoleh 8 hingga 10 ton gabah kering pungut. Kami optimistias kebutuhan beras untuk Ramadan hingga Idul Fitri nanti berlebih," kata Kadarisman. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X