Proyek-proyek Strategis di Kota Bogor Terancam Ditunda

- 13 April 2020, 16:04 WIB
PEKERJA menyelesaikan proyek pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi III A ruas Simpang Yasmin - Salabenda sepanjang 2,6 km di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis 14 November 2019.* /DOK. ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah proyek strategis yang direncanakan akan dikerjakan pada 2020 di Kota Bogor terancam tertunda. Hal itu berkaitan dengan ketersediaan anggaran yang kini lebih difokuskan untuk menangani Covid-19. Selain itu, Pendapatan Asli Daerah Kota Bogor juga turun drastis karena terimbas kebijakan pembatasan sosial.

Berdasarkan data Pemerintah Kota Bogor, ada beberapa pekerjaan fisik besar yang perlu dilaksanakan.

Anggaran yang bersumber dari APBD Kota Bogor di antaranya revitalisasi Gedung Perpustakaan dengan biaya Rp 14,6 miliar, pembangunan Masjid Agung dengan biaya Rp 14,5 miliar, pengadaan lampu penerangan jalan umum sebesar Rp 8,4 miliar, pembangunan unit sekolah satu atap SD dan SMP Kencana dengan anggaran Rp 5,5 miliar, dan pengadaan bulldozer dengan anggaran Rp 4,7 miliar.

Baca Juga: Unggah Foto Lawas, Indro Warkop Ungkap Kerinduan Terhadap Mendiang Istrinya

Sementara proyek dengan anggaran dari Bantuan Provinsi Jabar yakni pembangunan Jalan Otista sebesar Rp 40 miliar, pembangunan kawasan Situ Gede, Rp 5 miliar, pembangunan Alun-alun Bogor, Rp 15 miliar, dan penataan kawasan Suryakencana dengan anggaran Rp 30 miliar.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim tak menampik, ada beberapa proyek yang tidak jadi prioritas akan ditunda sementara demi penanganan Covid-19. Namun demikian, Dedie meyakini, sejumlah proyek strategis di Kota Bogor tetap akan berjalan, meskipun progresnya secepat biasanya karena semua fokus penananganan Covid-19.

“Ya memang belum semua pengerjaan fisik berjalan, apalagi dengan kebijakan PSBB ini. Kita sedang inventarisir, kegiatan proyek strategis sudah sejauh mana. Beberapa sudah jalan seperti jalan Otista, akan tetap jalan terus,” kata Dedie, Senin 13 April 2020.

Baca Juga: Tak Hanya COVID-19, Ilmuwan Sebut Wabah Seperti Virus Corona akan Terjadi Lagi

Pendapatan Merosot

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X