Rabu, 3 Juni 2020

Kabupaten Bogor Siap Ajukan PSBB, Ade Yasin Alokasikan Anggaran Rp 384 Miliar

- 9 April 2020, 13:23 WIB
BUPATI Bogor Ade Yasin di Aula Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor Jawa Barat.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT –  Pemkab Bogor siap mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyusul rencana Pemprov Jawa Barat mengusulkan PSBB. "Pemkab Bogor siap mengajukan hal yang sama dalam waktu dekat," kata Bupati Ade Yasin kepada wartawan Rabu 8 April 2020.

Kab Bogor termasuk daerah penyangga Ibukota Jakarta yang telah menetapkan PSBB. Banyak warga Kab Bogor yang melakukan aktifitas setiap hari ke Jakarta.

Menurut Ade Yasin, pihaknya bersama Gugus Tugas Covid-19 Kab Bogor akan mengkaji syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menerapkan PSBB termasuk kesiapan daerah dalam aspek ketersediaan kebutuhan dasar masyarakat, sarana prasarana kesehatan, anggaran operasional serta aspek jaring keamanan.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Bhayangkari Banjar dan Ciamis Serahkan Bantuan APD

"Sekarang  tengah mengiventarisir berbagai persyaratan PSBB dan disiapkan untuk diserahkan ke Pemprov Jawa Barat  maupun ke Kementerian Kesehatan," ujar Ade Yasin.

Selain siap mengajukan PSBB, Pemkab Bogor mengalokasikan dana untuk tanggap bencana covid 19 dari APBD tahun 2020 sebesar Rp 384 miliar.

Dana tersebut untuk  bidang kesehatan dan bidang sosial serta ekonomi.

" Pemkab Bogor melakukan refocusing anggaran untuk penangganan bencana alam dan bencana non alam. Diantaranya untuk  penanggganan Covid-19 sebesar Rp 384 miliar," ujar Ade Yasin.

Baca Juga: Kucurkan Dana 100 Juta Dolar, Facebook Bantu Tangani COVID-19 dengan Membasmi Hoaks

Menurut dia, anggaran tersebit dibagi tiga komponen yakni penangganan kesehatan dianggarkan sebesar Rp 191 miliar, dan penangganan dampak ekonomi dan jaring pengamanan sosial sebesar Rp 193 miliar.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X