Senin, 25 Mei 2020

Pernikahan Dini di Cianjur, Pengajuan Dispensasi Usia Pernikahan Meningkat Drastis

- 9 April 2020, 08:53 WIB
ILUSTRASI buku nikah.* /KEMENAG.GO.ID

PIKIRAN RAKYAT – Pengajuan dispensasi nikah di Pengadilan Agama Cianjur mengalami peningkatan drastis.

Sejak diberlakukannya UU Nomor 16/2019 tentang Perubahan UU Nomor 1/1974 tentang Perkawinan, jumlah pemohon dispensasi nikah setiap bulannya mencapai ratusan orang.

Padahal, pada rentang waktu sebelum aturan tersebut berlaku, jumlah pengajuan dispensasi nikah relatif sedikit.

Humas Pengadilan Agama Cianjur, Asep mengatakan, kenaikan pengajuan setidaknya terjadi hingga dua kali lipat dari sebelumnya.

Baca Juga: Mobil Dinas Baru di Tengah Pandemi COVID-19, 'Apa Boleh Buat, Mubazir Jika Tak Digunakan'

“Biasanya, dalam sebulan ada sekitar sepuluh pengajuan. Tapi setelah ada aturan dispensasi nikah, sebulan bisa sampai 100 orang yang mengajukan,” ujar dia.

Asep menjelaskan, sebagian besar pemohon merupakan orangtua dari pihak perempuan dengan prosentase mencapai 90 persen. Para perempuan yang menjadi pemohon diketahui rata-rata berusia 15-16 tahun.

Menurut dia, hingga saat ini pun pemohon mayoritas berasal dari wilayah pelosok Cianjur. Dengan kata lain, alasan pengajuan dispensasi juga berkaitan dengan latar belakang pendidikan dan ekonomi yang rendah.

Baca Juga: Apa Gejala Penyakit Meningitis yang Menyebabkan Glenn Fredly Meninggal?

“Faktor pendidikan dan ekonomi memang menjadi alasan utama pengajuan dispensasi nikah ini. Banyaknya pemohon datang dari keluarga ‘lemah’ yang tidak bisa menyekolahkan anak mereka, lalu akhirnya memilih menikahkan saja,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X