Minggu, 31 Mei 2020

Cegah Covid-19 di Lingkungan, Ibu-ibu PKK Produksi Masker Kain untuk Warganya

- 8 April 2020, 12:09 WIB
Ketua Tim penggerak PKK Desa Babakananyar, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka tengah menyetrika masker buatan aggota PKK untuk dibagikan kepada seluruh warga Desa Babakananyar yang berjumlah 2.200 orang, Rabu (8/4/2020) itu untuk mengatasi kesulitan masker dan warga yang belum mengetahui keharusan menggunakan masker.* /TATI PURNAWATI/KC

PIKIRAN RAKYAT – Untuk mengatasi kelangkaan masker di pasaran sejumlah ibu-ibu PKK di Desa Babakananyar, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka berupaya membuat sendiri masker dari bahan kain, untuk dibagikan kepada seluruh warga yang ada di desanya.

Menurut keterangan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Babakananyar Vera Ditasari, pembuatan masker ini, berawal dari keprihatinan Pengurus Karang Taruna Desa yang melihat hampir sebagian besar  warga di desanya tidak mengenakan masker.

Baik saat bepergian ke luar desa, ketika ke pasar, pabrik penggilingan padi atau berkunjung ke tempat lainnya.

Baca Juga: Persib Unggul Tipis dari Kerala Blasters, Butuh Dukungan Penuh Bobotoh untuk ke 8 Besar

Padahal belakangan ini semua orang dianggap rentan terpapar virus covid-19.

“Ketua Karang Taruna tidak ada yang bisa membuat masker,  kemudian mengajak kami berdiskusi hingga akhirnya sepakat membuat masker dilakukan ibu PKK, kebetulan kain untuk membuat masker ada dari donatur,” ungkap Vera.

Sejumlah ibu-ibu PKK yang di rumahnya memiliki mesin jahit dan bisa menjahit segera mengambil kain ke sekretariat Karang Taruna untuk dijadikan masker, ada lebih dari 10 orang di desanya yang mengerjakan pembuatan masker tersebut.

Baca Juga: Kajian Ilmiah, Tembakau Dipanaskan Lebih Rendah Risiko daripada Rokok

Setelah jadi kemudian masker dicuci oleh anggota PKK yang lain yang tidak mampu menjahit, setelah itu disetorkan ke Ketua PKK untuk diseterika, baru kemudian dibagikan.

Mereka yang tidak bisa menjahit menurut Vera mengerjakan yang lain, sedangkan benang untuk menjahit berasal dari donatur, kebetulan di desanya ada kantor perusahaan BUMD milik Kabupaten Majalengka.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X