Kamis, 28 Mei 2020

Dampak Wabah Virus Corona, 3.206 Buruh Bogor dan Sekitarnya Dirumahkan

- 7 April 2020, 06:47 WIB
Spanduk karantina wilayah terpasang di Kampung Cikempong, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (6/4/2020). Warga kampung tersebut memberlakukan karantina wilayah secara mandiri dengan menutup sementara akses jalan masuk ke perkampungan mereka sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj. /Yulius Satria Wijaya

PIKIRAN RAKYAT – Dampak wabah virus corona di wilayah Jawa Barat sudah mulai terasa bagi sektor dunia usaha.

Sampai Senin 6 April 2020 sedikitnya 10 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang usaha telah merumahkan para buruh atau tenaga kerjanya.

Jumlah mencapai 3.206 buruh dirumahkan di Bogor dan sekitarnya akibat wabah virus corona.

Baca Juga: Update Virus Corona di Dunia 7 April 2020, 50 Persen Kasus di Korea Selatan Telah Sembuh

Data yang diperoleh "PR", dari 10 perusahaan dengan skala besar, sedang dan kecil tersebut ada yang bergerak di bidang usaha pariwisata, transportasi, garmen sampai usaha restoran.

"Jadi dampak virus corona di Jawa Barat, khususnya di wilayah I Bogor sudah mulai terasa bagi dunia usaha," kata Kasi Norma Kerja UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, Adang Suherman.

Menurut dia, satu pekan lalu, pihak UPTD Wilayah I Bogor yang meliputi daerah Kab/Kota Bogor, Kab/Kota Sukabumi, Depok dan Cianjur menerima pengaduan dari pihak perusahaan dan pihak serikat pekerja atau kondisi yang dihadapi dunia usaha pada saat merebaknya virus corona.

Baca Juga: Cara Menjahit Masker Kain Sendiri Mudah, Ini Pola dan Langkahnya

"Minggu lalu pengaduan atau laporan tersebut masuk ke UPTD," ujar Adang Suherman kepada "PR".

Data yang dimiliki UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, perusahaan yang banyak merumahkan tenaga kerjanya terjadi di wilayah Kab Sukabumi. Tercatat ada lima perusahaan dengan skala usaha tiga skala besar dan masing masing skala kecil dan menengah.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

PRFM News

PSBB Jabar Diperpanjang

28 Mei 2020, 19:39 WIB
X