Senin, 25 Mei 2020

Ada Pemakaman Jenazah Positif Corona di Kiarapayung, Warga Resah

- 31 Maret 2020, 19:31 WIB
Sejumlah warga sedang menyemprotkan disinfektan di perkampungan warga pemudik yang baru datang dari luar kota di wilayah Kec. Cisarua, Kabupaten Sumedang, beberapa waktu lalu. Penyemprotan itu, untuk.mencegah penyebaran virus Corona.* /Adang Jukardi/"PR"

PIKIRAN RAKYAT – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir membenarkan adanya  makam orang yang meninggal dunia karena virus Corona (COVID- 19)  di area Bumi Perkemahan (Buper) Kiarapayung, Jatinangor.  

Bupati mengizinkan pemakaman jenazah korban virus Corona itu, semata-mata karena pertimbangan kedaruratan dan demi kemanusiaan.

Baca Juga: Penggawa Timnas Indonesia Rilis Video #GarudaMelawanCorona, 4 Strategi Melawan COVID-19

“Memang benar, Sabtu (28 Maret 2020) kemarin,  ada orang yang meninggal dunia karena COVID-19 yang jenazahnya dimakamkan di area Buper Kiarapayung. Akan tetapi, lokasi pemakamannya jauh dari pemukiman penduduk. Tanahnya pun milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kami mengizinkan karena pertimbangan kedaruratan dan demi kemanusiaan,” ujar  Dony di Sumedang. Selasa, 31 Maret 2020.

Pernyataan Bupati Dony tersebut, menjawab keresahan warga sekitar terkait kabar tersebut. Bahkan dari informasi yang didapat “PR”  di lapangan, masyarakat yang mengatasnamakan Forum Warga Sekitar Bumi Perkemahan Kiarapayung, sebelumnya menyatakan keberatan dengan pemakaman jenazah korban Corona di daerahnya.  

Baca Juga: Sikut sebagai Senjata Melawan Virus Corona ala Kim Jeffrey Kurniawan

Selain itu, forum itu pun melayangkan surat penolakan kepada Pemkab Sumedang terkait dugaan akan adanya TPU (tempat pemakaman umum), terutama korban COVID- 19.

Hanya saja, forum tersebut tidak mencamtumkan nama pengurus atau anggotanya dalam surat pernyataan sikap yang dibuatnya.   

Adapun keberatannya, di antaranya tidak adanya sosialisasi dari pemerintah setempat kepada masyarakat sekitar di dua  wilayah, yakni Desa Cilayung, Kec. Jatinangor dan Desa Sindangsari, Kec.  Sukasari.  

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Kemenag Terapkan Layanan Pendaftaran Nikah Online

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X