Jumat, 29 Mei 2020

Diundang Rapid Test Covid-19, Puluhan ODP di Purwakarta Justru Tak Datang

- 31 Maret 2020, 18:25 WIB
SATGASSUS Covid-19 Purwakarta umumkan perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan setempat, Selasa (31/3/2020). * /Hilmi Abdul Halim/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Lebih dari 70 warga Kabupaten Purwakarta telah mengikuti tes cepat (rapid test) Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Namun, tak semua orang yang diundang oleh pemerintah daerah itu bersedia datang untuk dites.

"Hari ini ada 56 orang yang diundang melalui pesan singkat dan telepon sebelumnya, tapi banyak yang tidak mengonfirmasi maksudnya tidak bisa datang," kata Anggota Tim Satuan Tugas Khusus Penanganan Covid-19 Purwakarta Erlitasari, Selasa 31 Maret 2020.

Tes menggunakan alat pendeteksi khusus itu adalah yang kedua kalinya dilakukan di Purwakarta. Peserta tes kali ini dikhususkan untuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang telah didaftarkan sebelumnya.

Baca Juga: KONI Kota Cimahi Gunakan Video Conference untuk Diskusi Perkembangan Olahraga

"32 orang bisa datang, yang tidak datang berarti 20-an. Yang dites hari ini hasilnya masih kami pelajari. Mungkin baru bisa diumumkannya besok," tutur Erlitasari. Ia berharap semua orang yang dites hasilnya negatif Covid-19.

Sama halnya dengan tes cepat pertama pada Jumat 27 Maret 2020 lalu. Erlitasari menyatakan, hasilnya negatif Covid-19 untuk semua peserta berjumlah sekitar 40 orang.

Tes tersebut diikuti oleh para perawat, dokter, dan tenaga medis. Khususnya, petugas yang melakukan kontak langsung dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun pasien positif Covid-19.

Baca Juga: BERITA BAIK Seorang Pasien Positif Virus Corona di Kota Cimahi Sembuh

Erlitasari menegaskan, tes cepat untuk sementara waktu masih diprioritaskan untuk kalangan tertentu, bukan masyarakat umum. "Kami mendapatkan alat tes dari pemerintah provinsi sesuai dengan jumlah ODP yang telah dilaporkan ke provinsi," ujarnya.

Tes serupa rencananya akan digelar lagi bagi para ODP yang tersisa dan lebih banyak jumlahnya. Namun, tim Satgassus Covid-19 Purwakarta belum bisa menentukan waktu dan lokasi pelaksanaannya.

Sementara itu, Satgassus Covid-19 Purwakarta mencatat jumlah ODP hingga Selasa 31 Maret 2020 siang, mencapai 166 orang. Jumlah tersebut bertambah dua orang dari hari sebelumnya sebanyak 164 ODP.

Baca Juga: Hampir 80 Persen Perjalanan Kereta Api Argo Cheribon Disetop

Jumlah PDP juga mengalami penurunan sebanyak dua orang dari sebelumnya enam orang menjadi empat orang. Sedangkan, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 masih hanya satu-satunya di Purwakarta.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X