Senin, 25 Mei 2020

Tangani Covid-19, Pemprov Jabar Bersinergi dengan Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta

- 31 Maret 2020, 16:16 WIB
STOP penyebaran virus Corona, Jaga jarak dan hidup sehat. /Dok. DPRD Prov Jabar

PIKIRAN RAKYAT - Dalam mengatasi Covid-19 ini perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak, salah satu tindakan konkritnya adalah bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat wajib berkolaborasi dengan berbagai institusi dan lembaga baik negara maupun swasta.

Syahrir.,SE.,M.I.Pol, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, mengamati bahwa terkait penanganan Covid-19 ini, Pemprov Jabar telah melakukan beberapa langkah-langkah yang diperlukan, seperti mengambil langkah-langkah kebijakan melalui strategi social distancing dengan berpedoman kepada protokol yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar di Institusi Pendidikan, kegiatan ibadah, kegiatan berkumpul di tempat publik, pembatasan acara keramaian, proses kegiatan kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), aktivitas front liners dan pemenuhan kebutuhan dasar untuk masyarakat.

Semua dilakukan dengan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca Juga: Update Virus Corona Terbaru di Indonesia 31 Maret 2020: Total Positif 1.528 Kasus

Hal ini tentunya ditempuh dengan tetap memperhatikan situasi dan kondisi wilayah setempat, dan melakukan penguatan fasilitas kesehatan, dengan melibatkan Rumah Sakit Pemerintah Daerah, Puskesmas dan Rumah Sakit Swasta serta sistem laboratorium didaerah masing-masing.

Sejauh ini di Jawa Barat, Pemerintah Provinsi telah menempuh langkah-langkah yang diperlukan terkait kolaborasi dengan Rumah Sakit Pemerintah ataupun swasta.

Kebijakan Pemprov Jabar melakukan sinergitas dengan rumah sakit pemerintah dan swasta dalam menangani Covid-19 ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang mewajibkan agar pemerintah daerah melaksanakan pemetaan terlebih dahulu terkait penyebaran virus corona di daerahnya.

Baca Juga: BERITA BAIK Virus Corona: Tagihan Listrik 450 VA Digratiskan dan 900 VA Bayar Separuh

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah daerah dapat mengeluarkan banyak kebijakan demi mencegah penyebaran virus corona.

Salah satu kebijakan yang dapat diambil yakni, meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi Covid-19 dan pengobatan secara maksimal melalui sinergitas Pemda dengan rumah sakit daerah yang bekerja sama dengan swasta dalam rangka mengutamakan pelayanan prima di bidang kesehatan kepada masyarakat.

Di Jawa Barat, pemerintah telah menunjuk 8 rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona, yaitu RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung, RS Paru Dr H. A. Rotinsulu, RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor, RSUD Dr Slamet Garut, RSUD R Syamsudin, SH Kota Sukabumi, RSUD Kabupaten Indramayu, RSD Gunung Jati Kota Cirebon, dan Rumkit TK. II 03.05.01 Dustira Cimahi.

Baca Juga: Dirawat di Wisma Atlet, Andrea Dian Bagikan Kondisi Ruang Isolasinya

Halaman:

Editor: Rahmad Maulana


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X