Sabtu, 30 Mei 2020

Cegah Penyebaran Covid-19 ke Sukabumi, Petugas Gabungan Lakukan Sterilisasi di Wilayah Perbatasan

- 30 Maret 2020, 16:14 WIB
PETUGAS sedang melakukan sterilisasi di wilayah perbatasan.* /Ahmad Rayadie/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Ratusan petugas dari unsur Kepolisian, TNI, BPBD dan Dinas Perhubungan, Senin, 30 Maret 2020, melakukan sterilisasi di sekitar wilayah perbatasan. Mereka sejak pagi hingga siang menyebar di sekitar perbatasan Sukabumi- Cianjur dan Sukabumi-Bogor. 

Tidak hanya  di pintu masuk yang berada Jalan Raya Sukabumi-Cianjur, Kecamatan Sukalarang, petugas gabungan juga melakukan sterilisasi di perbatasan Sukabumi-Bogor. Tepatnya  di Terminal Benda, Kecamatan Cicurug.

Pelaksanaan sterilisasi mencegah penyebaran covid 19 di perbatasan Sukabumi- Cianjur terlihat Bupati Sukabumi, Marwan Hamami bersama Komandan Kodim 0607 Sukabumi Letkol (inf) Danang Prasetyo Wibowo melakukan pagar betis.

Baca Juga: Tenaga Medis Diancam Pisau saat Tes COVID-19 kepada Perantau, Bupati Pangandaran: Akan Pidanakan

Marwan Hamami mengatakan,  sterilisasi dilakukan dua tahapan. Tahap pertama melalui penyemprotan kendaraan menggunakan disinfektan oleh petugas yang dilengkapi alat pelindung diri (APD). 

"Tahapan berikutnya  pengecekan suhu tubuh dan sterilisasi penumpang menggunakan antiseptik, hingga cuci tangan," katanya.

Selain itu, kata Marwan Hamami, petugas pun melakukan pendataan setiap orang yang akan ke Sukabumi. Langkah tersebut dianggap strategis untuk pencegahan masuknya virus corona.

Baca Juga: Cicilan Motor Bisa Dilonggarkan hingga 1 Tahun, Simak Tahapan yang Harus Dilakukan

"Langkah ini untuk memutus mata rantai dari virus covid-19. Sterilisasi di perbatasan lebih mudah ketimbang harus mencegah di 47 kecamatan. Jadi setiap kendaraan dan penumpang ditahan di sini dan disterilisasi," katanya. 

Apalagi saat ini terjadi peningkatan ODP dan PDP di Kabupaten Sukabumi, kata Marwan, akibat warga luar daerah, terutama dari zona merah yang masuk ke Sukabumi

"Makanya kita coba putus mata rantai penyebaran covid-19. Kalau sampai ketemu yang sakit, kita lakukan SOP oleh Dinas Kesehatan," katanya. 

Baca Juga: Beredar Kabar Syekh Puji Nikahi Bocah 7 Tahun, Nafa Urbach Desak KPAI Lakukan Penyelidikan

Marwan berharap, penduduk Sukabumi yang berada di luar daerah untuk tidak mudik. Hal itu sampai persoalan virus covid-19 dapat berhenti.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X