Sabtu, 30 Mei 2020

Angkutan Umum di Pangandaran Hentikan Sementara Operasionalnya

- 29 Maret 2020, 12:39 WIB
SUASANA terminal Pangandaran tampak lengang, nyaris tidak ada aktivitas kendaraan angkutan umum dan para calon penumpang, Minggu, 29 Maret 2020.* /AGUS KUSNADI/Kabar Priangan

PIKIRAN RAKYAT – Terminal Pangandaran tampak sepi, nyaris tidak ada aktivitas, baik lalu-lalang kendaraan umum maupun calon penumpang.

Kondisi ini terjadi pasca aksi ratusan warga yang meminta pihak perusahaan angkutan umum, terutama AKDP dan AKAP untuk menghentikan sementara operasiannya, Sabtu, 28 Maret 2020.

Aksi spontanitas tersebut merupakan bentuk kekhawatiran warga terhadap penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Baca Juga: Dikepung Zona Merah Corona, Garut Mungkin akan Berlakukan Lockdown

Kepala Koordinator Terminal Pangandaran Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dadan Hamdani mengatakan, sejak pagi hari ini tidak ada angkutan umum yang beroperasi, baik AKDP dan AKAP.

"Calon penumpang pun tidak ada yang datang ke terminal," ujar Dadan, Minggu, 29 Maret 2020.

Menurut Dadan, pemberhentian sementara operasional angkum di Pangandaran merespon adanya aksi warga ke beberapa PO transportasi umum di Kabupaten Pangandaran. "Para pemilik PO angkum akhirnya menghentikan operasional bus angkum nya," kata Dadan.

Baca Juga: Dukung Stimulasi Ekonomi, bank bjb Godok Skema Terbaik Kelonggaran Kredit

Kalau ada calon penumpang yang datang ke terminal, kata Dadan, kami akan menyarankan untuk kembali lagi pulang ke rumahnya masing-masing.

Di tempat terpisah Kabid Lalin Dinas Perhubungan Kab Pangandaran Wahyu mengatakan, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan masih melakukan penjagaan di daerah jalur perbatasan Kab Pangandaran dengan daerah tetangga.

Selain itu, kata Wahyu, untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap kendaraan yang mau memasuki wilayah Kab Pangandaran serta men screening para penumpang nya. 

Baca Juga: Penjualan Anjlok Dampak Corona, GM Potong Gaji 69 Ribu Karyawannya

"Kondisi arus lalu lintas saat ini, khususnya di perbatasan Tasikmalaya-Pangandaran (Ciparanti) mulai berkurang, hanya ada beberapa kendaraan pribadi yang melintas di jalur perbatasan.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X