Senin, 25 Mei 2020

Pemkab Garut Siapkan Rusunawa untuk Penanganan Kasus Covid-19

- 28 Maret 2020, 13:49 WIB
Pemasangan Bilik Disinfeksi di Kabupaten Garut.* /HUMAS GARUT

PIKIRAN RAKYAT - Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku sangat menyesalkan masih rendahnya tingkat kesadaran warga Garut terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Di sisi lain, dari hari ke hari jumlah orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19 di Kabupaten Garut terus bertambah.

"Kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Namun sangat disayangkan, sampai saat ini tingkat kesadaran warga Garut masih rendah," ujar Rudy saat ditemui pendopo Garut, Jumat 27 Maret 2020.

Dikatakannya, berdasarkan hasil pantauan baik secara langsung maupun melalui CCTV, masih banyak ditemukan kerumunan warga di sejumlah titik keramaian di Garut. Hal ini tentu sangat rawan terhadap peyebaran Covid-19 yang saat ini sudah ditetapkan menjadi pandemi yang sangat membahayakan.

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung Akan Dapat 1.763 Alat Tes Covid-19, Banyak Masyarakat yang Ingin Rapid Test

Padahal diakui Rudy, sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah gencar memberikan himbauan agar warga menghindari kumpulan dan lebih banyak tinggal di rumah. Bahkan sejumlah ruang publik di Garut sudah sejak beberapa hari lalu ditutup.

"Melalui berbagai cara, kami sudah sampaikan warga mengikuti imbauan social distancing yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19. Namun ternyata masih banyak warga yang tak mematuhi imbauan tersebut," katanya.

Rudy mengungkapkan, dari hari ke hari, jumlah kasus dugaan Covid-19 di Garut terus bertambah meskipun hingga saat ini belum ada kasus Covid-19 yang positif di Garut. Jumlah kasus dugaan Covid-19 secara keseluruhan sampai Jumat 27 Maret 2020 pukul 17.00 WIB ditemukan sebanyak 439 kasus yang terdiri dari 15 kasus PDP dan 424 ODP.

Baca Juga: Wabah Corona, Masa Belajar di Rumah Provinsi Banten Diperpanjang hingga 1 Juni 2020

Untuk mencegah hal yang tak diharapkan tutur Rudy, pihaknya bersama Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut saat ini tengah melakukan persiapan untuk menjadikan Rusunawa (rumah susun sewa) sebagai tempat penampungan ODP. Hal ini dinilai penting dilakukan mengingat jumlah ODP yang tiap harinya terus mengalami peningkatan cukup signifikan. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X