Sabtu, 28 Maret 2020

Sempat ke Depok, Warga Purwakarta Dipastikan Positif Corona Usai Kembali dari Jepang

- 26 Maret 2020, 17:33 WIB
Ilustrasi Coronavirus /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Seorang warga Kabupaten Purwakarta terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) setelah melakukan perjalanan dari Jepang dan Kota Depok. Ia menjadi satu-satunya pasien yang positif Covid-19 di daerah tersebut saat ini.

"Pasien positif Covid-19 kali ini masih imported cases (tertular dari luar negeri) karena baru-baru ini ia baru pulang dari Jepang karena tuntutan pekerjaannya," kata Ketua Satgas Khusus Penanggulangan Covid-19 di Purwakarta, Iyus Permana, Kamis 26 Maret 2020.

Menurut penelusuran Satgas tersebut, pasien tidak pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 di dalam negeri (local transmision). Meskipun, yang bersangkutan diakui sempat melakukan perjalanan di Kota Depok yang merupakan zona merah penyebaran corona.

Baca Juga: UI Ciptakan Bilik Disinfeksi Cepat Atasi Penyebaran Corona, Mampu Bersihkan Virus Cuma 10 Detik

Perwakilan Satgassus Covid-19 Purwakarta dr Erlitasari mengungkapkan identitas pasien tersebut berinisial A (41) yang tercatat sebagai warga Kecamatan Purwakarta.

loading...

"Yang bersangkutan, saat ini tengah dalam perawatan tim medis rumah sakit rujukan Covid-19 Purwakarta di Rumah Sakit Bayu Asih,” ujarnya.

Penetapan status positif Covid-19 itu menjadi yang kedua kalinya terjadi pada warga Kabupaten Purwakarta. Sebelumnya, seorang warga Kecamatan Pasawahan sempat terinfeksi corona setelah menjalani umrah ke Arab Saudi, namun pasien tersebut telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumahnya.

Baca Juga: Hambat Penyebaran Virus Corona (Covid-19), BRI Salurkan Bantuan Alat-alat Kesehatan

Dalam konferensi pers perkembangan penanganan Covid-19 di Purwakarta, Satgas menyebutkan jumlah Orang Dalam Pemantauan kembali bertambah dari awalnya 41 menjadi 48 orang. Sedangkan, jumlah Pasien Dalam Pengawasan berkurang dari sembilan orang jadi delapan orang.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X