Sabtu, 28 Maret 2020

DPRD Nilai Dana Tak Terduga Rp 15 Miliar Masih Cukup Atasi Pandemi Corona di Kabupaten Tasikmalaya

- 26 Maret 2020, 16:48 WIB
Wali Kota Budi Budiman mengumumkan satu warga Kota Tasikmalaya positif corona dalam konferensi pers di Kantor Wali Kota Tasikmalaya, Jalan Letnan Harun, Rabu (25/3/2020). Pengumuman terbuka tersebut justru membuat ajang berkerumun sejumlah pewarta dan pejabat daerah di tengah instruksi pemerintah agar masyarakat menghindari kerumunan dan menjaga jarak guna cegah penyebaran corona.* /BAMBANG ARIFIANTO/PR

 

PIKIRAN RAKYAT - Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi menyatakan, dana tidak terduga untuk penanggulangan bencana di APBD 2020 yang mencapai sekitar Rp 15 miliar dianggap masih cukup di tengah merebaknya pandemi corona.

Ia tak menampik adanya kemungkinan pemangkasan atau realokasi anggaran jika wabah terus berlanjut.

"Tetapi harus diperhatikan lebih jauh juga dampak ekonomi, pemerintah bisa menggeser anggaran dengan jaring pengaman sosial, tidak sebatas pada penanganan COVID-19," ucap Asep dalam pesan WhatsApp kepada Pikiran Rakyat, Kamis 26 Maret 2020.

Baca Juga: Curhat ke Anggota Dewan Kabupaten Majalengka, IDI Keluhkan Banyak Hal

loading...

Seperti diketahui, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran Jawa Barat (Fitra Jabar) menilai Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya perlu mengeluarkan kebijakan pergeseran anggaran guna menghadapi pandemi corona di wilayahnya. Untuk itu, Bupati dan DPRD harus rela pendapatan dan fasilitas dipangkas untuk dialokasikan bagi belanja kegiatan menangkal penyebaran wabah tersebut.

"Langkah ini harus segera dilakukan agar pasukan di lapangan (tenaga medis, satpol PP dan sumber daya lainnya), serta penyediaan bahan makanan pokok, alat pelindung diri (APD) bagi seluruh tenaga lapangan, seperti masker, hand sanitizer, tempat-tempat cuci tangan bisa disupport (didukung) dengan anggaran yang memadai," kata Nandang Suherman, Anggota Perkumpulan Inisiatif Bandung dan Dewan Daerah Fitra Jabar dalam keterangan tertulisnya, Kamis 26 Maret 2020.

Dukungan anggaran yang optimal penting agar intervensi untuk menekan penyebaran wabah itu di masyarakat bisa segera dilakukan. 

Baca Juga: Kompetisi Sepak Bola di Spanyol Ditunda akibat Corona, RFEF Beri Pinjaman Rp 8,8 Triliun untuk Klub

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X