Jumat, 5 Juni 2020

Dishub Jabar Tetap Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2020, Berikut Prosedur dan Langkah-langkahnya

- 22 Maret 2020, 18:52 WIB
PEMUDIK berdatangan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu, 8 Juni 2019 lalu.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Perhubungan Jawa Barat kembali menggelar mudik gratis 2020. Sebanyak dua rangkaian kereta api dan 130 unit bus akan mengangkut warga Jabar ke jurusan Solo dan Yogyakarta mulai tanggal 16 Mei untuk kereta api dan 19 Mei untuk bus yang serentak diberangkatkan dari Kota Bandung, Kota Bogor, Karawang, Kota Bekasi, dan Kota Sukabumi

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Hery Antasari mengakui, kegiatan mudik gratis tahun ini ada pada situasi yang berbeda dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Isu Covid-19 ikut mempengaruhi pelaksanaan tahapan mudik gratis 2020 tersebut. Salah satunya untuk pendaftaran dilakukan secara online atau daring.

"Hal itu dilakukan guna menghindari antrean dan kerumunan massa, pendaftaran dilakukan secara online," kata Hery, Minggu 22 Maret 2020. 

Baca Juga: Pemkot Bandung Terus Berupaya Cegah Virus Corona, Semprotkan Cairan Teepol hingga Sediakan Fasilitas Cuci Tangan

Menurut Hery, pendaftaran tetap dilakukan meski ada kemungkinan pemberangkatan bisa dibatalkan. Namun pihaknya tetap mempersiapkan karena kemungkinan untuk tetap dilaksanakan pun tetap ada. Jangan sampai ketika keputusan keberangkatan tetap berjalan pihaknya tidak memiliki persiapan karena kadung tidak melakukan persiapan dari awal. 

"Jelas ya semua pelayanan publik harus berjalan, di tengah-tengah kita waspada isu bencana Covid-19 ini dan yang namanya mudik ini sesuatu yang tidak bisa kita hindari setiap tahun, dan sudah direncanakan, dianggarkan (dalam APBD). Oleh karena itu ada kewajiban Pemprov untuk tetap melaksanakan pendaftaran, bagaimanapun juga sampai nanti tidak diberangkatkan kita akan umumkan juga kalau tidak jadi berangkat," ucap dia. 

Meski demikian, lanjut dia, keberangkatan masih lama, bulan Mei. Dia berharap situasi sudah melandai. 

Baca Juga: Dinyatakan Negatif COVID-19, Putri Tjahjo Kumolo Harus Jalani Tes Ulang 10 Hari ke Depan

"Kalau situasi belum landai ada pengumuman dari gubernur untuk tidak melaksanakan ya kita tidak akan melaksanakan, tetapi itu force majeur. Tapi kalau kita tidak bersiap dari sekarang tiba-tiba dimungkinkan untuk berangkat, kita suda ada persiapan karena persiapan tidak mungkin mendadak," ujar dia. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X