Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor : Salat Jumat Tetap Digelar di Masjid

- 19 Maret 2020, 16:25 WIB
ILUSTRASI masjid.
ILUSTRASI masjid. //pexels/Adnan Uddin

masjid PIKIRAN RAKYAT - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bogor memastikan Salat Jumat tetap digelar di  masjid-masjid.  

Berdasarkan hasil musyawarah anggota komisi,  aktivitas masjid  seperti pelaksanaan Salat Jumat dan salat berjamaah  tetap berjalan sebagaimana mestinya. Namun demikian,  Komisi Fatwa MUI  meminta  pengurus Dewan Kemakmuran Masjid untuk memperhatikan beberapa hal.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, ASN Pangandaran Diliburkan

Pertama, menyiapkan sabu cuci tangan dan meminta jemaah untuk  memperhatikan kebersihan saat salat. Kedua mempersilakan jemaah menggunakan masker dan sajadah sendiri. Ketiga  meminta pengurus DKM agar area masjid dan karpet masjid untuk selalu bersih dan steril lewat penyemprotan disinfektan setiap saat.

Keempat,  melakukan doa bersama atau sendiri-sendiri setiap saat agar segera ada solusi dari pandemi virus corona. Kelima, menganjurkan untuk  melaksanakan qunut nazilah setiap waktu salat sebagaimana dilakukan rasullulah saat menghadapai musibah.

Baca Juga: Sedang Karantina, Rakyat Malaysia Dihadapkan Denda Rp 700.000 Jika Melanggar Hingga Penjara 2 Tahun Bagi yang Nekat Keluar Rumah

“Tetap berlangsung seperti biasanya, dengan melakukan langkah preventif, dan tetap berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama  pemerintah serta mencermati setiap perkembangan yang ada,” ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Bogor  Ade Sarmili , Kamis, 19 Maret 2020.

Ade mengatakan,  para jemaah masjid dan musala juga dihimbau untuk  selalu mencuci tangan  dengan sabun dan air mengalir sebelum masuk dan keluar masjid.  Kedua, mengurangi meyentuh  benda-benda yang berada di masjid dan musala. Ketiga, membawa perlengkapan salat sendiri, menghindari bersalaman dan cium pipi, serta mengurangi frekuensi berkumpul di masjid  dan musala.

Baca Juga: Pemprov Jabar Terbitkan Surat Edaran Soal Salat Jumat dan Berjamaah di Masjid

Menurut Ade,  penyebaran virus corona yang semakin masif tidak boleh menyurutkan umat muslim untuk beribadah ke masjid.  Majelis Ulama Indonesia pun  mengimbau kepada umat muslim di Kota Bogor untuk  menjadikan cobaan tersebut sebagai momentum untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah, dan tidak terlalu panik yang berlebihan.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X