Sabtu, 30 Mei 2020

Ancaman Corona, Pemprov Jabar Lakukan Tes Proaktif pada Petugas Medis Puskesmas hingga Rumah Sakit

- 15 Maret 2020, 12:50 WIB
PERSONEL Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 11 Maret 2020. RSUD Suradadi menjemput salah satu anak buah kapal (ABK) warga Desa Demangharjo, Kabupaten Tegal berinisial II (42) diduga terjangkit COVID-19, karena menderita penyakit demam, batuk dan pilek selama tujuh hari usai pulang melaut dari Taiwan.* /ANTARA FOTO/

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan proaktif tes pada tenaga medis di rumah sakit ring satu, ring dua hingga tingkat puskesmas secara bertahap dalam waktu dekat ini.

Untuk diketahui terdapat delapan rumah sakit rujukan dalam ring satu, 27 rumah sakit daerah dan puskesmas pada ring tiga.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, jumlah tenaga medis yang akan diperiksa itu sebanyak 200-300 tenaga kesehatan yang akan dites secara bertahap. Hal itu guna memastikan langkah ke depan.

Baca Juga: Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Netty: Terlambat Implikasi sudah Kemana-mana

"200-300 tenaga kesehatan itu yang akan kami tes supaya memastikan satu langkah di depan. Tapi dicicil," ujar dia.

Adapun, alat pengetesan yang digunakan untuk proaktif tes yaitu test kit produk luar negeri dari Asia yang pemprov beli ketika menetapkan siaga satu pada awal Februari lalu.

Baca Juga: Cek Fakta, Corona Telah Menyebar di RSHS dan Banyak Pasien Terkonfirmasi Positif COVID-19

"Salah satu fokus yang akan düakukan dengan melakukan pengujian spesimen penyebaran Covid-19, yakni pada orang terduga terinfeksi penvakit ini‚ juga pada mereka yang beresiko tertular atau yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19, " kata Ridwan dalam pointer yang disampaikan pada saat jumpa pers.

Upaya ini ditempuh dengan mengerahkan segenap sumber daya yang ada, Jabar mempunyai alat dan tempat pengecekan dengan standar Bio Safety Level 2+‚ dalam hal ini UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jabar.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X