Rabu, 3 Juni 2020

Kementerian Pertanian Indonesia-Belanda Sepakat Jalin Kerja Sama, Prihasto : Kita Akan Membangun Transfer Teknologi

- 12 Maret 2020, 20:06 WIB
WAKIL Menteri Pertanian Alam dan Kualitas Pangan Belanda Jan-Kees Goet berkunjung ke pabrik benih PT East West Seed Indonesia (Ewindo) Kabupaten Purwakarta, Kamis (12/3/2020).* /Hilmi Abdul Halim/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Indonesia meminta bantuan Pemerintah Belanda untuk meningkatkan kualitas produk pertanian hortikultura di dalam negeri. Kementerian Pertanian dari kedua negara bahkan telah sepakat untuk bekerja sama.

Hal itu disampaikan saat kunjungan Wakil Menteri Pertanian Alam dan Kualitas Pangan Belanda Jan-Kees Goet ke pabrik benih PT East West Seed Indonesia (Ewindo).

"Kita akan membangun kerja sama transfer of technologi," kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto, Kamis, 12 Maret 2020.

Baca Juga: Rp 50 triliun, Alokasi Anggaran KUR Khusus Sektor Pertanian, Presiden: Tingkatkan Manajemen Pertanian untuk Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat

Kedatangan Jan-Kees Goet sekaligus untuk melihat perkembangan produksi benih di pabrik tersebut. Pemerintah Belanda sebelumnya telah melakukan kerja sama, bahkan pada 2013 lalu Menteri Pertanian Belanda saat itu Sharon Dijksma juga pernah berkunjung ke lokasi.

Prihasto berharap kerja sama antara kedua negara bisa ditingkatkan. "Ada pelatihan-pelatihan nantinya kepada para peneliti untuk bisa menghasilkan benih-benih unggul bermutu, khususnya benih-benih hortikultura," katanya.

Peningkatan kerja sama itu bukan hanya untuk beberapa jenis komoditas. Prihasto mengatakan, transfer teknologi dan pengetahuan dilakukan untuk segala jenis komoditas yang ada dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Imbas Virus Corona, Polda Jabar Minta Warga Waspada Penipuan dengan Modus Berpura-pura Jadi Petugas Kesehatan

Permintaan tersebut disambut dengan baik oleh perwakilan Pemerintah Belanda dalam hal ini Jan-Kees Goet. Ia bahkan mengapresiasi proses produksi benih di pabrik Ewindo yang terletak di Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta itu.

"Keberhasilan produksi hortikultura sangat ditentukan oleh penggunaan benih varietas unggul. Oleh karena itu, ketersediaannya secara berkelanjutan sangat penting peranannya dalam memajukan sektor pertanian di suatu negara," tutur Jan-Kees.

Sementara itu, Direktur Pengelola PT Ewindo Glenn Pardede menyatakan, rasa terima kasihnya kepada perwakilan Pemerintah Belanda pada kesempatan itu. Kunjungan mereka untuk kedua kalinya ke pabrik tersebut diakui menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihak perusahaan.

Baca Juga: 4 Perusahaan Mendaftar untuk Buyback, Fakhri : Belum Bisa Membeberkan Nama Perusahaannya

Glenn mengatakan, perusahaannya telah melakukan pelatihan-pelatihan sesuai dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas produk benih dalam negeri.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X