Rabu, 3 Juni 2020

Dinsos Jabar Pastikan Dana Bansos 2020 Sudah Cair sejak Awal Tahun

- 9 Maret 2020, 14:06 WIB
Warga berada di dalam gerai Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) saat peluncurannya di Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020). E-Warong selain dapat digunakan untuk mengambil dana Program Keluarga Harapan (PKH) juga sebagai sarana jual beli non tunai bagi peserta PKH yang menjadi solusi atas pencegahan berbagai praktik penyelewengan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) non-tunai kepada masyarakat miskin. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/NZ /Yulius Satria Wijaya

PIKIRAN RAKYAT – Dinas Sosial Jawa Barat memastikan bantuan sosial maupun bantun pemberdayaan masyarakat pra sejahtera sudah diturunkan ke masyarakat sejak awal tahun ini.

Hal itu sebelum adanya arahan pemerintah daerah yang menginginkan bantuan sosial harus cair pada awal tahun guna mendorong laju perekonomian di Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar mengatakan, untuk bantuan pangan non tunai atau yang dikenal dengan bantuan sosial sudah turun sejak Januari 2020 lalu.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Mengurangi Lemak Perut Berdasarkan Sains

Pihaknya sudah mengecek beberapa e-Warong di daerah. Hasilnya, penerima manfaat bantuan sosial sudah memanfaatkannya.

Untuk diketahui, Pemerintah pusat menambah nilai bantuan sosial pangan dari Rp 110.000 menjadi Rp 150.000 dalam Program Sembako, program bantuan sosial pangan yang merupakan pengembangan dari Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) mulai tahun 2020 ini.

Bantuan sosial pangan tersebut dikucurkan setiap sebulan sekali untuk keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga: 3 Cara Membekukan Telur dengan Aman untuk Penggunaan Selanjutnya

Untuk Jawa Barat sendiri, sebanyak 2.637.975 KPM berhak mendapat bantuan dari Program Sembako tersebut mulai Januari 2020 ini yang bisa digunakan mulai hari ini. Jumlah KPM tersebut pun mengalami kenaikan dari jumlah KPM 2019 yang mencapai 2.496.981 KPM yang tersebar di 27 kota/kabupaten di Jabar.

Mereka bisa mendapatkan bahan sembako tersebut di 7.193 e-Warong (elektronik warung gotong royong) yang sudah terafiliasi dengan empat bank anggota Himbara yaitu BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X