Kamis, 4 Juni 2020

1.007 Tenaga Harian Lepas Belum Digaji Selama 3 Bulan oleh Pemprov Jabar

- 6 Maret 2020, 20:14 WIB
KURS Rupiah terhadap Dolar melemah hingga capai 14.400 mengikuti merosotnya ekonomi dunia.* /pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 1.007 tenaga harian lepas penyuluh pertanian lapangan (THL PPL) yang dibiayai pemerintah Provinsi Jawa Barat, sudah tiga bulan ini belum menerima gajiu. Mereka tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat.

“Sejak Bulan Januari 2020 sampai saat ini mereka belum menerima honor. Dari 1.007, sebanyak 67 bertugas di Kabupaten Ciamis. Kami berharap agar persoalan ini dapat segera diselesaikan,” tutur Ketua Komisi Penyuluh Kabupaten Ciamis Heri Dermawan, Jumat 6 Maret 2020.

Dia mengatakan THL PPL yang dibiayai oleh Pemprov Jabar dibagi tiga golongan, yakni Rp 3.200.000 per bulan untuk lulusan SMA, Rp 3.300.000 lulusan D-3 dan Rp 3.400.000 lulusan S-1. Sebelumnya gaji mereka disalurkan melalui bantuan keuangan yang masuk kas daerah.

Baca Juga: Larangan AS dapat Membuat Huawei Lebih Kuat

“Kami tidak sependapat, lebih baik disalurkan langsung ke rekening masing-masing. Prinsipnya hal itu juga sudah disetujui oleh Gubernur Jawa Barat. Jika lewat kas daerah, kami khawatir dapat mengendap, sehingga pembayarannya tertunda, beda halnya jika langsung kepada penerima. Seperti dana desa saat ini kan langsung ke rekening desa,” katanya.

Gaji yang diterima Thl PPl yang dibiayai Pemerintah provinsi Jabar, lanjutnya Heri yang juga wakil rakyat DPRD Prov. Jabar, nominalnya lebih besar dibandingkan dengan tenaga serupa yang dibiayai dengan APBN (Kementan). Untuk lulusan SPMA sebesar Rp 1.200.000 per bulan, Rp 1.500.000 untuk lulusan D-3 dan Rp 2.000.000 untuk lulusan S-1.

“Kami mendapat informasi gaji yang bibiayai APBN sudah dibayarkan, di Ciamis ada 37 orang. Tiap bulan gajinya lancar. Kami juga berharap tunggakan gaji untuk THl PPL yang dibiayai Prov. Jabar juga dapat segera dibayarkan,” ujarnya.

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Rilis Album Perdana Bertajuk Perjalanan Keluarga

Sementara itu Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Sukadana, Nana Kurnia menyebutkan di wilayahnya ada empat 4 petugas PPL. Seorang berstatus PNS sedangkan tiga lainnya THL.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X