Senin, 30 Maret 2020

Berikut Daftar Lengkap 14 Kecamatan yang Terdampak Banjir di Kabupaten Karawang

- 25 Februari 2020, 16:22 WIB
4,5 jam banjir melanda daerah Bojongkulur, Kec Gunung Putri Kab Bogor, Selasa (25/2/2020) akibat meluap sungai Cileungsi dan sungai Cikeas.* /IRWAN NATSIR/PR

PIKIRAN RAKYAT - Bencana banjir yang melanda wilayah Kabupaten Karawang terus meluas, Selasa 25 Februari 2020. Saat ini genang air bah dilaporkan telah menerjang 14 kecamatan dari 30 kecamatan yang ada di daerah lumbung padi tersebut.

"Kemarin, banjir hanya terjadi di sembilan kecamatan. Kini sudah 14 kecamatan yang terendam," ujar Komandan Distrik Militer 0604 Karawang, Letkol Inf. Medi Hariyo Wibowo, Selasa 25 Februari 2020.

Menurutnya, warga terdampak banjir mencapai 3.111 keluarga. Sementara jumlah pengungsi tercatat 9.514 jiwa yang tersebar di 14 titik lokasi pengungsian.

Baca Juga: Waspada Angin Kencang dan Longsor, Asep : Cuaca Ekstrem Masih Akan Terjadi Hingga Akhir Februari

"Sejak malam hingga tadi pagi kami Kodim, Pemda, dan Polres bahu membahu mengevakuasi para korban banjir, seperti di Perum BMI, Dawuan Tengah, Purwasari Regency, dan Rengasdengklok," ujar Medi.

loading...

Dijelaskan juga, selain menyelamatkan korban banjir yang terjebak di rumahnya masing-masing, aparat juga sudah menyalurkan logistik untuk warga terdampak. Hanya saja penyaluran logistik belum merata karena warga terdampak banjir tersebar di 14 kecamatan.

Dijelaskan juga, pihaknya sudah mengerahkan anggota yang bertugas di Komando Rayon Militer (Koramil) untuk terjun ke daerah banjir membantu proses evakuasi. "Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Karawang akibat meluapnya Sungai Citarum, Cibeet, dan Cilamaya. Sedangkan banjir di wilayah Cikampek akibat saluran pembuang (sipon) tertutup sampah. Padahal, kami sudah beberapa kali membersihkan sipon Cikaranggelam," papar Medi.

Baca Juga: Sistem Keamanan Transportasi AS Larang Karyawan Membuat Postingan di TikTok

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri menyebutkan, Pemda Karawang bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) berencana menambah sipon di wilayah Cikampek. Namun demikian, pembuangan air tetap harus diatur agar tidak menimbulkan banjir di wilayah Kecamatan Tirtamulya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X