Sabtu, 4 April 2020

Hujan Deras, Longsor Putus Jalan Desa Jatiluhur Purwakarta

- 24 Februari 2020, 18:38 WIB
ILUSTRASI rumah diterjang longsor.*/PRFMNEWS /null

PIKIRAN RAKYAT - Tanah longsor dilaporkan terjadi di Desa Jatiluhur Kecamatan Jatiluhur pada Senin 24 Februari 2020 pagi. Kejadian tersebut diduga akibat hujan deras yang turun sepanjang malam sebelumnya.

"Longsor menyebabkan jalan desa terputus, tanah ambles dan satu unit rumah terkena lumpur," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono. Namun, ia memastikan tak ada korban jiwa.

Hingga laporan diterima, petugas dinasnya masih membersihkan material tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 6.00. Ia juga belum bisa memperhitungkan kerugian akibat bencana tersebut. Namun, terputusnya jalan bisa menghambat perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Raffi Ahmad Habiskan Rp 10 Miliar untuk Kunjungi Puluhan Negara

"Agak was-was kalau lewat jalan ini sekarang. Mudah-mudahan segera diperbaiki agar aktivitas masyarakat bisa kembali normal," kata salah seorang pengguna jalan. Jalan tersebut biasa digunakan warga untuk mendistribusikan hasil bumi dan produk lokal.

loading...

Masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana yang terjadi saat hujan lebat. Terlebih, curhat hujan tinggi diperkirakan masih terjadi di wilayah Purwakarta hingga Maret 2020 mendatang.

Menurut prakiraan cuaca dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika. Wilayah Purwakarta akan diguyur hujan berintensitas minimal 201 milimeter hingga di atas 500 milimeter.

Baca Juga: Pelatih Penjaga Gawang Persib Ungkap Dua Metode yang Digunakannya dalam Melatih

Dalam buletin prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG, sebagian besar wilayah Purwakarta mengalami curah hujan normal dan sebagian kecilnya berada di bawah normal. Namun, ada wilayah yang diperkirakan mengalami hujan di atas normal yakni Kecamatan Darangdan.***

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X